Pertanyaan Bocor, Debat Pilpres Pasti Garing Nih! | OPINI.id
 Pertanyaan Bocor, Debat Pilpres Pasti Garing Nih!

Komisi Pemilihan Umum (KPU) suka banget bikin gaduh yang kerap kali membuat masyarakat menjadi bingung dan bertanya-tanya. Mulai dari isu orang gila boleh nyoblos yang sempat ramai diperdebatkan sampai soal bocoran pertanyaan debat capres dan cawapres.

Debat Pilpres 2019 yang akan digelar pada 17 Januari 2019 nanti memang sudah dipersiapkan. Salah satunya adalah tema yang akan diangkat. Tapi sayangnya, di saat masyarakat sudah semangat mau melihat skill jawaban para capres dan cawapres, ternyata Komisi Pemilihan Umum (KPU) malah membuat keputusan nyeleneh. Mereka akan memberikan bocoran pertanyaan sebelum debat dimulai.

Lucunya, baik dari Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno setuju saja dan dengan senang hati menerima format debat tersebut yaitu di mana KPU memberikan pertanyaannya sebelum debat.

Kesepakatan ini sebenarnya menuai kritik, salah satunya dari pengurus DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean. Dirinya tidak setuju dengan ide KPU yang akan memberikan pertanyaan kepada paslon 10 hari sebelum debat berlangsung.

Berbeda dengan Dirut Program TKN Jokowi-Maruf Amin, Aria Bima. Dirinya justru malah mempertanyakan pihak-pihak yang malah tidak setuju dengan hal ini. Soalnya dari semua capres dan cawapres sudah sepakat. Jadi tidak ada lagi yang diuntungkan dan dirugikan.

Seperti diketahui, KPU akan memakai dua format saat debat capres dan cawapres pada 17 Januari mendatang bertema HAM,Terorisme, dan Korupsi. KPU akan menggabungkan pertanyaan terbuka dan tertutup. Pada pakem pertanyaan terbuka, KPU mengirimkan pertanyaan kepada para paslon 10 hari sebelum debat dilaksanakan. Ada sekitar 20 pertanyaan. Lalu, hanya tiga pertanyaan yang diajukan saat debat berlangsung.

Kamu setuju gak sama ide ini biarpun mereka semua sudah sepakat?
Gak setuju, jadi gak seru
Setuju aja
206 votes

Komentar (1)

Fresh