Selang Cuci Darah Salome,Prabowo Bikin Takut Aja | OPINI.id
Selang Cuci Darah Salome,Prabowo Bikin Takut Aja

Indonesia bubar 2030, dan juga Indonesia punah! Entah kenapa capres nomor urut 02 kerap kali menyebarkan ketakutan di masyarakat Indonesia. Kalau kata rivalnya Jokowi, ini adalah strategi politik Genderuwo. Biarpun ucapan Jokowi jadi polemik, tapi memang terkadang ada benarnya. Seperti yang baru-baru ini.

Ketum Gerindra ini menyinggung soal selang cuci darah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) saat berbicara masalah keuangan di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam ceramah Kebangsaan Akhir Tahun beberapa waktu lalu di Hambalang, Bogor. Menurutnya, kualitas layanan di rumah sakit terabaikan.

Oleh karena itu muncul klaim yang membuat rumah sakit menggunakan satu selang cuci darah untuk beberapa pasien."Saya dapat laporan di RSCM ada alat pencuci ginjal, harusnya itu punya saluran-saluran dari plastik, dari karet, dari alat-alat dipakai satu orang satu kali. Saya dengar di RSCM hari ini dipakai 40 orang," kata Prabowo saat itu.Padahal itu sangatlah fatal, karena orang sakit ginjal yang bergantung hidup dari pencucian darah bisa dapat macam-macam penyakit kalau pakai selang ramai-ramai.

Namun isu ini dibantah oleh pihak RSCM. Kabar soal satu selang cuci darah yang dipakai 40 orang langsung ditepis. Menurut Dirut utama RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo, dokter Lies Dina. Pelayanan pasien di RSCM justru selalu mengutamakan mutu. Makanya, pelayanan hemodialisis (cuci darah) di RSCM menggunakan selang dan dialiser satu kali pakai (single use).

Dia pun menjelaskan, peralatan hemodialisis memerlukan tiga komponen utama, yaitu mesin hemodialisis, selang hemodialisis (blood tubing), dan dialiser (artificial kidney/ginjal buatan). Mesin dialisis fungsinya mengatur proses dialisis dan tak ada kontak langsung dengan darah pasien. Mesin ini digunakan bergantian untuk beberapa pasien. Sedangkan selang hemodialisis yang biasa digunakan untuk mengalirkan darah dari tubuh pasien ke dialiser dan mengembalikan darah yang sudah didialisis kembali ke tubuh pasien itu single use atau sekali pakai.

Apakah ini termasuk hoax menurutmu?
Iya
Bukan
636 votes

Komentar (1)

Fresh