Kontroversi Cara Wudhu Ala Sandiaga Uno

Cara wudhu Cawapres nomor urut 02 di Pilpres 2019, Sandiaga Uno menjadi sorotan netizen saat berziarah di makam KH Muhammad Thoha Imam Lapeo Desa Lapeo, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar). Video viral tersebut menuai pro dan kontra dan terus menyebar. Netizen di Twitter diramaikan dengan cara wudhu calon wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno.

Dalam video yang beredar, ia disambut ramai oleh banyak orang yang mengenakan peci. Sandiaga Uno kemudian tampak berada di sebuah kamar mandi dan sedang mengambil wudhu. Ia menggunakan gayung berwarna kuning untuk mengambil air di bak. Sandiaga terlihat mencelupkan tangannya berulang kali ke dalam gayung. Ini yang menjadi perdebatan netizen.

Netizen berpendapat air dalam gayung yang sudah tercelup tangan, tak bisa mensucikan. Sebaiknya air dalam gayung dikucurkan agar air mengalir. Netizen lainnya menilai cara wudhu seperti itu tetap sah karena dalam kondisi tertentu diperbolehkan, apalagi tidak ada keran.

Hal itu juga rupanya menjadi perhatian Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menjelaskan via akun Twitter miliknya bahwa wudhu tidak memakai air mustakmal. Menurut Mahfud, secara fiqih yang dianut Aswaja, pada umumnya wudhu tidak memakai air mustakmal. Mustakmal artinya yakni air bekas pakai, seperti sudah disentuh sehingga tidak dapat mensucikan.

"Kalau air mustakmal tak blh dipakai wudhu. Seharusnya air di gayung dituangkan ke tangan, bukan tangan yg dicelupkan ke gayung. Eh, tp air mustakmal itu tdk najis ya, hny tak bisa mensucikan. Kalau mau diminum, apalagi dicampur sirup dan es, itu halal. Halal dan menyegarkan spt Yaqult," tulis Mahfud di salah satu cuitannya pada 31 Desember 2018 lalu.

Namun menurut Sandi, hal ini bukan merupakan persoalan essensial, ia enggan berkomentar terkait video tersebut. Cara Sandi berwudhu sebenarnya karena menggunakan hadist yang selama ini digunakan ulama Wahabi atau Salafi. Namun dari video yang viral tersebut sudah menjelaskan siapa Sandi sebenarnya.

Menurut kamu penting gak pemimpin taat beragama?
Penting
Tidak
10 votes

Komentar (44)

Top Konten