Kementerian Khusus Bencana ala Prabowo | OPINI.id
Kementerian Khusus Bencana ala Prabowo

Menyoroti masalah bencana yang belakangan melanda sejumlah daerah di Indonesia, koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan (BPN) Nasional Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan bahwa pasangan Prabowo-Sandi berjanji akan mengedepankan masalah kebencanaan bila terpilih menjadi presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019 nanti.

Pernyataan itu disampaikan sebagai solusi atas buruknya manajemen pemerintahan Jokowi dalam menangani bencana alam di Indonesia.

Dahnil mengatakan, Indonesia yang memiliki belasan ribu pulau dan panjang garis pantai luar biasa pada prinsipnya merupakan daerah rawan bencana. Namun, dalam penanganan bencana pemerintah selalu menghadapi masalah yang terus berulang. Bahkan profesionalisme penanganan pasca bencana juga jadi permasalahan.

Tak hanya itu, ia juga menegaskan, alat mitigasi bencana yakni early warning system saat ini rusak dan tidak bisa dibeli pemerintah. Baru kemarin Kepala BMKG mengakui gagal meyakinkan pemerintah dalam melakukan pengajuan karena kemudian ditolak oleh pemerintah, artinya sejak awal pemerintah tidak peduli dengan kebutuhan untuk bencana ini.

Maka dari itu, penanganan bencana akan menjadi perhatian khusus bagi Prabowo dan bakal memaksimalkan anggaran kebencanaan. Kemudian, akan mendorong literasi kebencanaan kepada masyarakat supaya lebih tanggap dan mengetahui apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana.

Menurut kamu apakah Indonesia membutuhkan Kementerian Khusus Bencana?
Ya
Bisa ya, bisa juga engga
Engga
222 votes


Komentar

Fresh