Amien Rais: Capres Tes Baca Alquran Lucu | OPINI.id
Amien Rais: Capres Tes Baca Alquran Lucu

Tak lama lagi, Indonesia bakal menggelar perhelatan politik besar di tahun 2019 ini, Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Terkait peristiwa ini, Dewan Ikatan Dai Aceh mengundang dua pasangan capres-cawapres untuk mengikuti uji kemampuan membaca Alquran, yang akan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh pada 15 Januari 2019 mendatang.

Menanggapi hal ini, Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais menganggap undangan tes membaca Alquran bagi pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga sebagai hal yang lucu. Tes baca Alquran bukan ukuran untuk menentukan siapa yang lebih baik dan lebih beriman. .

Ia mengatakan bahwa banyak orang yang hafal Alquran tapi perangainya seperti bukan orang beriman juga ada, bukan ukuran. Orang yang terlihat alim justru ada yang masuk ke penjara. Sehingga alim tidaknya penampilan seseorang dianggap bukan jaminan baik.

Politikus PAN ini juga menyebutkan usulan tes membaca Alquran lebih tepat dipakai untuk pimpinan pondok pesantren atau organisasi. Syarat membaca Alquran  dipandang Amien lebih cocok untuk memilih pimpinan organisasi yang punya basis agama. Sementara memaksa capres-cawapres harus ujian baca Alquran adalah hal yang tidak tepat.

Setujukah kamu dengan pendapat Amien Rais?
Setuju
Ragu-ragu
Tidak setuju
1243 votes

Komentar (15)

Fresh