Seberapa Penting Memilih Moderator Debat? | OPINI.id
Seberapa Penting Memilih Moderator Debat?

Ajang adu jotos dan juga unjuk gigi para capres dan cawapres siap ditampilkan di debat capres 2019 nanti. Nama-nama para moderator debat pun sudah bermunculan. Namun, untuk memilih siapa moderator yang tepat sangatlah penting. Soalnya, acara debat politik ini diikuti oleh calon-calon pemimpin daerah atau negara dan bukanlah perkara remeh dan recehan.

Lain hal dengan pembawa acara aneka program yang biasa dikonsumsi di televisi. Moderator debat punya tanggung jawab besar.Contohnya saja Ira Koesno yang viral tahun lalu. Sosok moderator ini dielu-elukan karena cantik. Tapi, dia justru dapat kritik dari cagub Anies Baswedan karena menyebut tangan Agus Harimurti dan Sandiaga Uno dingin.

Jika hanya bermodalkan popularitas saja sepertinya tidak cukup untuk menjadi modal jadi moderator debat. Ada beberapa kriteria lain yang harus dimiliki para moderator debat ini, dalam rangka menghadirkan pertanyaan-pertanyaan berkualitas dan suguhan debat yang apik di mata khalayak.

Seperti dalam situs Politfact, Angie D.Holan menuliskan beberapa poin penting yang wajib dimiliki dan dilakukan para moderator debat. Semua ini berdasarkan pengamatannya terhadap debat presidensial Amerika Serikat 2016 lalu.

Pertama itu moderator wajib buat persiapan matang soal topik yang akan diangkat dalam debat. Tentu saja, wawasan yang luas diperlukan, agar bisa dapat jawaban kritis dari calon pemimpin. Kedua, rekam jejak dan detail para calon harus dikuasai oleh para moderator.

Hingga bisa melemparkan pertanyaan dengan tepat tanpa kesalahan. Ketiga, moderator juga harus mampu memberikan pertanyaan lanjutan dari sebelumnya. Tindakan ini dapat dilakukan dengan mengungkapkan koreksi fakta-fakta yang ada.

Setuju gak kalau jadi moderator debat capres itu gak hanya dilihat dari popularitasnya saja?
Setuju banget
Gak setuju
6 votes

Komentar

Fresh