Bocoran Kandidat Moderator Debat Pilpres 2019 | OPINI.id
Bocoran Kandidat Moderator Debat Pilpres 2019

Debat Pilpres 2019 akan berlangsung Januari mendatang. KPU telah mengeluarkan opsi nama kandidat untuk menjadi moderator. Siapa saja nama yang memandu debat pilpres?

Nama-nama yang muncul diantaranya Najwa Shihab, Ira Koesno, Bayu Sutiyono, Tomi Cokro, Alfito Deannova, dan Prabu Revolusi.  Meski nama-nama moderator sudah diusulkan oleh KPU, kedua timses, baik timses Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiga Uno belum menyetujui nama-nama tersebut.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Maruf Amin, Lukman Edy mengatakan moderator dalam debat pilpres harus netral. Netralitas moderator dirasa penting agar tidak mem-framing pemberitaan kepada publik.

Usulan nama kandidat moderator tersebut berasal dari kalangan media untuk menghindari anggapan publik mengenai keberpihakan media pada salah satu pasangan calon tertentu. Seperti kita ketahui, tugas moderator hanya bertanya sesuai dengan pertanyaan yang sudah dibuat oleh tim panelis. Moderator tidak diperkenankan untuk melakukan hal lain selain menyampaikan pertanyaan kepada paslon saat debat berlangsung.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Priyo Budi Santoso mengatakan nama-nama yang diusulkan belum bisa disepakati lantaran masih ada perdebatan soal jumlah moderator yang diinginkan pihak Jokowi-Ma'ruf. BPN juga sudah mengusulkan nama-nama moderator ke KPU.

Rencananya debat pertama digelar pada 17 Januari 2019 yang akan disiarkan di TVRI, RRI, Kompas TV dan RTV. Debat kedua ditayangkan di RCTI, GTV, MNC TV dan iNews TV pada 17 Februari. Jadwal debat ketiga pada 17 Maret akan ditayangkan di Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV. Serta pada 30 Maret dijadwalkan untuk debat keempat dan disiarkan di Metro TV, SCTV dan Indosiar. Sementara debat terakhir belum ditentukan waktunya lantaran KPU dan tim kampanye masih akan mengecek jadwal masing-masing pasangan calon.

Komentar

Fresh