Heboh Video Ucapan Natal Ma'ruf Amin, Ini Penjelasan MUI | OPINI.id
Heboh Video Ucapan Natal Ma'ruf Amin, Ini Penjelasan MUI

Cawapres nomor urut 01, KH Maruf Amin, pada Selasa (25/12/2018). menyampaikan ucapan selamat Natal bagi warga Kristiani melalui sebuah video berdurasi 21 detik.

"Untuk saudara kami kaum Kristiani, kami sampaikan selamat Natal dan tahun baru. Semoga berbahagia," kata KH Maruf Amin dalam video yang diunggah akun Instagram Indonesia Pusaka. Video ini viral di media sosial sekaligus menuai beragam tanggapan komentar dari para netizen.  

Padahal tak hanya Ma,ruf Amin saja yang memberikan ucapan selamat Natal, tapi Capres nomor urut 01, Jokowi di Instagram, maupun Capres Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga juga menyampaikan ucapan yang sama di akun media sosial mereka masing-masing.

Menanggapi hal tersebut, sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, mengatakan lembaganya belum pernah mengeluarkan fatwa soal penyampaian ucapan selamat Natal.

Menurutnya, fatwa yang sudah ada adalah fatwa tentang perayaan Natal bersama yang dikeluarkan oleh Komisi Fatwa sejak 1981. Sementara ucapan natal seorang muslim pada yang merayakan Natal masih memiliki banyak perbedaan dan pertentangan.

Abbas menegaskan, MUI hingga saat ini belum mengambil sikap dalam perbedaan tersebut. Sampai saat ini, MUI belum pernah memiliki fatwa tentang masalah tersebut. 

Apakah kamu tahu jika larangan ucapan Natal belum ada fatwanya dari MUI?
Tahu
Ragu-ragu
Ga tahu
923 votes

Komentar (8)

Fresh