Jokowi Waspada Tepukan Ajaib di Debat Pilpres | OPINI.id
Jokowi Waspada Tepukan Ajaib di Debat Pilpres

Mengusung tema Hukum, HAM korupsi dan terorisme, debat pertama akan berlangsung pada tanggal 17 Januari 2019. Debat capres dan cawapres 2019 ini akan digelar selama sebanyak lima kali. Bicara soal acara debat, ada beberapa hal yang jadi perhatian dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Selain berharap tidak adanya emosi, perdebatan sengit yang tak jelas. Dia juga menyinggung soal adanya 'tepukan ajaib' di debat capres 2014 lalu dan berharap jika ini tidak terulang lagi di debat 2019 nanti. Tepukan ajaib yang dimaksud di sini adalah Hatta Rajasa.

Seperti diketahui, pada acara debat capres dan cawapres 2014 lalu, wapres Prabowo Subianto, Hatta Rajasa menepuk pundak Jusuf Kalla yaitu wapres Jokowi. Kejadian ini pun jadi sorotan media dan netizen karena banyak yang beranggapan janggal dengan tepukan magic itu.

https://www.youtube.com/watch?time_continue=30&v=SXFopCi95Rw

Momen ini terjadi pada 5 Juli 2014 lalu. Dalam video yang diunggah di youtube dengan judul 'JANGGAL', terlihat drama tepuk-tepukan antara Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla. Di video terlihat jelas, jika JK mencoba untuk menahan dan menangkis tepukan bahu yang coba dilakukan oleh Hatta Rajasa.

Hal ini terjadi lebih dari satu kali saat kedua pasang capres-cawapres bersalaman. Pada akhirnya, Hatta berhasil menepuk bahu JK. Namun kemudian, JK balik badan lalu balas menepuk. Adegan tepuk-tepukan itu terjadi hanya pada sesama cawapres yaitu Hatta dan JK, sedang Jokowi dan Prabowo biasa saja.

Kira-kira ada tepukan magic atau hal mistis lainnya gak nih di debat capres nanti?
Ada
Gak ada
122 votes

Komentar

Fresh