Suara Emak-Emak vs Milenial di Pilpres 2019 | OPINI.id
Suara Emak-Emak vs Milenial di Pilpres 2019

Milenial kerap jadi incaran para capres dan cawapres di pilpres 2019. Gak heran kalau banyak milenial yang diajak berkecimpung di timses masing-masing, bahkan ada yang dipercaya jadi jubir.

Soalnya banyak yang beranggapan kalau keterlibatan anak muda dalam dunia politik itu penting banget apalagi nasib bangsa ditentukan setiap lima tahunan yaitu pesta demokrasi.

Politik kerap dikaitkan milik orang tua, kolot dan jauh dari anak muda. Kondisi ini menjadi pekerjaan rumah besar bagi para politisi. Untuk itu mereka berkoalisi. Mengajak anak muda. Bahkan menjadi juru bicara.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2014 mencatat pemilih muda mencapai 15-20 persen dari jumlah total 190 juta daftar pemilih tetap. Artinya ada sekitar 38 juta suara anak muda. Pada tahun 2018 jumlahnya pemuda meningkat dua kali lipat.

Menurut data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) jumlah pemilih milenial mencapai 100 juta jiwa dari total 196,5 juta pemilih. Sementara menurut survei Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) ada 34,4 persen jumlah pemilih di usia 17-34 tahun.

Meningkatnya jumlah pemilih muda tidak berbanding lurus dengan keterlibatan anak muda dalam dunia politik. Di era perkembangan teknologi ini, anak muda dirasa apatis soal politik. Sebab, kondisi politik Indonesia membuat generasi milenial seolah alergi.

Sedangkan emak-emak juga kini jadi target capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi. Selain milenial, ternyata ada juga kalangan emak-emak yang kini mulai coba diajak untuk melek politik. Keterlibatan emak-emak dan suaranya di Pilpres 2019 sebenarnya adalah buah dari reformasi.

Bayangkan saja, di era Orde Baru jika ada seorang perempuan yang jadi kepala Desa tentu adalah sebuah prestasi. Sedangkan saat ini, setiap tahunnya kesadaran perempuan terhadap politik semakin meningkat, bahkan bertambah terus menerus. Hal ini bisa terlihat dari bukti jika kursi 20 persen wanita di legislatif makin diminati oleh perempuan.

Lebih ngaruh mana menurut kamu, emak-emak apa milenial?
Milenial dong
Emak-emak pastinya
74 votes

Komentar

Fresh