Timses Jokowi Siap Babat Basis Prabowo | OPINI.id
Timses Jokowi Siap Babat Basis Prabowo

Selain manuver, cara lain untuk meraih simpatisan dari kubu lawan juga lagi kerap dilakukan. Prabowo bukan kandang di markas PDI P, dan Timses Jokowi pun akan merebut hati basis Prabowo.

Pada Pilpres 2014 lalu, Jawa Barat termasuk basis wilayah Prabowo Subianto yang cukup kuat. Beberapa daerah yang sulit ditembus Jokowi di pilpres 2014 lalu, yakni wilayah Selatan dan Barat, mulai dari Ciawi, Tasik, terus Sukabumi. Kemudian, dari Sukabumi belok ke Bogor sampai ke Bekasi.

Sekretaris Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf, Abdy Yuhana mengatakan, koalisinya akan menggarap semua basis wilayah di Jawa Barat, untuk Pilpres 2019. Timnya mengincar daerah yang memiliki banyak swing votes saja. Daerah yang merupakan basis 'wilayah keras' tak akan digarap.

Abdy mengatakan, daerah-daerah tersebut mengunggulkan Prabowo, tak terlepas dari peran Gubernur Jawa Barat saat itu Ahmad Heryawan atau Aher. Namun saat ini Gubernur Jawa Barat mendukung Jokowi dan kepala daerah Sukabumi juga merupakan partai koalisinya, jadi optimis peta akan berubah di Pilpres 2019.

Di Pilpres yang lalu, Prabowo unggul dengan perolehan suara 14,1 juta atau 59,8 persen. Sementara Jokowi 9,5 juta suara atau 40,2 persen. Tim Jokowi ingin mendulang suara di kandang lawan. Menurut Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding, Jokowi bahkan sudah unggul di Jabar. Dari survei internal TKN, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat saat ini mencapai 47 persen. Sementara elektabilitas Prabowo-Sandi masih 42 persen.

Strategi tim Jokowi Untuk mendongkrak elektabilitas di Jawa Barat, menurut pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie, akan efektif dengan mendorong Maruf Amin sebagai votegetter. Figur Maruf sebagai ulama akan punya efek mendulang suara di Banten dan Jawa Barat yang bisa dikategorikan sebagai wilayah 'hijau'.

Menurut kamu Jawa Barat akan dimenangkan oleh siapa?
Prabowo Sandi
Jokowi Maruf
134 votes

Komentar

Fresh