Awas Banyak Napi Korup Nyaleg Dari Dua Kubu | OPINI.id
Awas Banyak Napi Korup Nyaleg Dari Dua Kubu

Mau milenial ataupun baru, semua pasti akan korupsi pada akhirnya. Meski tidak semuanya, tapi korupsi seakan sudah jadi budaya di negeri kita, Indonesia. Bicara soal korupsi, kalian tahu gak kalau ternyata ada napi korup dari kedua kubu yang maju lagi mau ngerasai jadi wakil rakyat untuk kesekian kalinya.

Mau cebongers atau kampret, keduanya punya beberapa caleg eks koruptor. Menurut Bawaslu, terkait pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) dalam Pemilu 2019 setidaknya ada 199 mantan narapidana (napi) kasus korupsi yang daftar lagi jadi caleg. Keberadaan mereka pun jadi pro dan kontra.

Jika maling saja tidak dapat kesempatan untuk kedua kalinya, kenapa para koruptor tidak? Tapi semuanya ini ada karena memang aturannya sudah begitu. Seperti diketahui, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018. Dalam aturan ini disebutkan KPU tidak memperkenankan mantan napi kasus korupsi, bandar narkoba,serta pelaku kejahatan seksual terhadap anak untuk mendaftar sebagai bakal caleg pada Pemilu 2019.

Darisinilah muncul pro dan kontra. Bagi yang menolak, alasannya masuk akal. Tapi bagi yang pro, jawabannya tentu tidak masuk akal seperti anggapan kalau KPU melarang napi korupsi nyaleg. Mereka dianggap melanggar hak asasi manusia karena hanya pengadilan saja yang bisa melarang seseorang terjun ke politik, waduh repot ya.

Biar kamu melek mata nanti, sebaiknya baca dulu beberapa data dari Bawaslu yang membongkar jumlah para napi korupsi yang maju buat nyaleg lagi. Dari Partai PDI Perjuangan ada 13 orang, Hanura 15 orang, Golkar 25, Gerindra 27, Demokrat 12, PKS 5, PAN 12 orang, Nasdem 17 orang. Bisa terlihat jika jumlah bakal caleg mantan napi korupsi di DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota masih dipegang dari partai Gerindra.

Jika sudah tahu dan paham siapa saja caleg eks koruptor yang maju. Mungkin semuanya ada ditangan kalian. Jika ingin hasil yang baik, tentu saja kita harus memilih wakil yang juga punya rekam jejak bersih dan mampu memperjuangkan kepentingan mereka. Korupsi hanya bisa diberantas dengan kesungguhan dan komitmen seluruh elemen bangsa. Mari mulai dari diri kita untuk tidak korupsi!

Minat gak nyoblos caleg mantan koruptor?
Gak minat sama sekali
Minat
130 votes

Komentar

Fresh