Wajib Tahu! Sederet Isu yang Pengaruhi Pemilih Pilpres 2019 | OPINI.id
Wajib Tahu! Sederet Isu yang Pengaruhi Pemilih Pilpres 2019

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) adalah lembaga survei dan konsultan politik terkemuka di Indonesia yang didirikan pada tahun 2003. LSI aktif melakukan survei politik, baik pada Pemilu ataupun Pilkada. Begitu juga menghadapi Pilpres 2019 mendatang, LSI merilis hasil survei terbaru masa kampanye pemilihan umum (pemilu) 2019 yang telah memasuki 2 bulan.

Menggunakan metode sample multistage random sampling, pihak LSI mengumpulkan data selama 10-19 November 2018, dengan jumlah 1.200 responden melalui proses wawancara dan kusioner.

Baca juga:

    Peneliti Senior LSI Denny JA, mengungkapkan hasil survei tersebut mencatat 6 isu populer selama 2 bulan kampanye diantaranya:  Ajang Asian Games memberikan surplus untuk Capres Jokowi sebanyak 12,4 persen. Lalu kunjungan Jokowi ke korban tsunami Palu memberikan surplus 33,3 persen. Sementara, isu yang mempengaruhi elektoral Capres Prabowo berasal dari kunjungannya ke korban gempa di Lombok dengan surplus 15,2 persen. 

    Selain itu, LSI juga mencatatkan 10 top isu yang ramai di media sosial hingga menciptakan sentimen pada kedua capres.

    Isu yang memberikan keuntungan pada elektoral capres Jokowi adalah:  Hoaks Ratna Sarumpaet: 65 persen, Games of Thrones Jokowi: 65 persen, Tampang Boyolali: 55 persen, Jokowi Gratiskan Suramadu: 58 persen, Selama 4 Tahun Kepemimpinan Jokowi: 60 persen dan Sandiaga Lompati Makam: 51 persen

    Sedangkan isu yang memberikan keuntungan elektoral pada Capres Prabowo, adalah: Bakar Bendera Tauhid: 46 persen, Janji Esemka: 45 persen, Politik Sontoloyo: 48 persen dan Politik Genderuwo: 51 persen. 

    Hasil secara keseluruhan berdasarkan isu yang muncul di kedua capres, pasangan Jokowi-Maruf Amin mendapatkan 53,2 persen suara, dan Prabowo-Sandiaga mendapat 31,2 persen. Sementara 15,6 persen belum memberikan jawaban.

    Seperti dikutip dari tribunnews.com, Denny JA memberikan kesimpulan, bahwa selama dua bulan masa kampanye capres ini ternyata belum ada program yang disukai pemilih dan bisa menambah elektabilitas. 

    Apakah kamu terpengaruh dengan isu-isu yang terkait Pilpres 2019?
    Ya
    Biasa aja
    Tidak
    35 votes

    Komentar

    Fresh