Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#politik

Apakah Amerika Bisa Menghindari Krisis Pemilu?

Rakyat Amerika sedang berada dalam sorotan dunia. Dunia ingin mengetahui apakah mereka mampu menghindari krisis pemilu presiden 2020.

Project Syndicate  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) pada tahun 2020 tidak seperti pemilihan presiden lain dalam ingatan kita. Persaingan-persaingan sebelumnya memang penuh kebencian dan beberapa disebut sebagai persaingan yang mengancam kelangsungan bangsa. Tapi, belum pernah terjadi sebelumnya, atau setidaknya dalam jaman modern, AS menghadapi kemungkinan nyata presiden petahana menolak hasil pemilihan presiden dan jarang sekali perpecahan politik berisiko meningkat menjadi konflik bersenjata. Apakah Amerika mampu menghindari krisis pemilu? Ini yang patut ditunggu.               

Petugas pemilu memilah beberapa dari ratusan ribu surat suara dari pemilu dini saat diproses di Panitera Pemilih Orange County di Santa Ana, California, Amerika Serikat, Jumat (16/10). Antara/Reuters/Mike Blake.
Petugas pemilu memilah beberapa dari ratusan ribu surat suara dari pemilu dini saat diproses di Panitera Pemilih Orange County di Santa Ana, California, Amerika Serikat, Jumat (16/10). Sumber foto: Antara/Reuters/Mike Blake.

Pemilu Picu Polarisasi Politik

Kami di Internasional Crisis Group (ICG) memiliki mandat untuk mengakhiri, mencegah, dan melakukan mitigasi konflik bersenjata di mana pun hal ini terjadi. Meskipun upaya kami selama seperempat abad terakhir sudah membawa kami keliling dunia, baru tahun ini upaya kami mengharuskan kami untuk fokus sepenuhnya pada AS.                          

Baca Selengkapnya
Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation