Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#politik

Negara Dengan Rezim Otoriter Sangat Rentan

Survei Barometer Asia tunjukkan negara dengan rezim otoriter memiliki kerentanan jangka pendek dan panjang. Faktor ekonomi tidak pengaruhi dukungan kepada rezim.

Project Syndicate  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Negara dengan rezim otoriter sering mendapat dukungan publik yang lebih kuat daripada pemerintahan demokratis. Untuk mengetahui alasannya, saya dan rekan-rekan saya mengadakan Survei Barometer Asia dalam empat gelombang di 14 negara Asia antara tahun 2001 dan tahun 2016. Kami menemukan bahwa rezim otoriter justru memiliki kerentanan jangka pendek dan jangka panjang yang sangat buruk.                              

Pemimpin Korea Utara berpose untuk foto setelah memberikan pistol peringatan
Pemimpin Korea Utara berpose untuk foto setelah memberikan pistol peringatan "Paektusan" kepada komanda terkemuka angkatan bersenjata pada 67 tahun "Hari Kemenangan dalam Perang Pembebasan Tanah Air", yang menandai penandatanganan gencatan senjata Perang Korea, dalam foto tidak bertanggal yang disiarkan Senin (27/7), oleh Pusat Agensi Berita Korea Utara (KCNA), di Pyongyang, Korea Utara. Antara/KCNA via Reuters

Saat ditanya mengenai seberapa besar kepercayaan para responden terhadap enam lembaga negara yang berbeda-beda. Responden di Tiongkok dan Vietnam menyatakan bahwa mereka memiliki tingkat kepercayaan “cukup tinggi” atau “sangat tinggi” terhadap rata-rata 4,4-5,3 lembaga, sedangkan di Jepang dan Taiwan, responden hanya percaya 2,-2,6 lembaga negara.

Baca Selengkapnya
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation