Pantau Hasil Quick Count dan Real Count Jokowi vs Prabowo di Sini | OPINI.id
Pantau Hasil Quick Count dan Real Count Jokowi vs Prabowo di Sini

Hasil quick count Pilpres 2019 antara Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno baru boleh dirilis mulai pukul 15.00 WIB sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Penasaran kan dengan hasilnya seperti apa?

Hasil quick count dan real count Pilpres 2019 terbaru dapat dlilihat di halaman Quick Count Pilpres 2019 - OPINI.ID.

Selain hasil quick count yang akan diperbarui secara realtime, kamu juga bisa mengikuti informasi update dan artikel perspektif terkait pelaksanaan Pilpres 2019 dan Pileg 2019. 

Opini.id bekerja sama dengan sejumlah lembaga akan menampilkan hasil quick count atau hitung cepat Pilpres 2019. Masing-masing hasil hitung cepat dari CSIS-Cyrus Network dan quick count dari Charta Politika.

Selain itu, di halaman yang sama juga dapat dilihat hasil penghitungan asli atau real count yang dilakukan Kawal Pemilu. Menggandeng relawan se-Indonesia, Kawal Pemilu mengajak masyarakat mengunggah foto C1 Plano hasil penghitungan akhir di semua TPS.

1. Charta Poitika

CSIS-Cyrus Network dan Charta Politika adalah salah satu dari 40 lembaga yang terdaftar dan terverifikasi KPU sebagai penyelenggara jajak pendapat dan hitung cepat Pemilu 2019. 

Dilansir dari website resminya, Charta Politika adalah perusahaan konsultan politik dengan kekuatan utama pada analisis politik yang spesifik dan unik karena dihasilkan dari proses cross transactional database yang dapat menghasilkan jutaan report dan didasarkan dari berbagai perspektif alternatif.

Charta Politika Indonesia melakukan pendataan dan pemetaan secara detail dari berbagai macam aspek yang mempengaruhi terjadinya suatu fenomena politik yaitu aktor politik, lembaga politik, peta elektoral, pemberitaan politik, regulasi, dan data daerah.

Charta Politika Indonesia menggabungkan beragam parameter data untuk menghasilkan analisis yang akurat dalam memetakan, memahami, dan memprediksi proses politik.

2. CSIS-Cyrus Network

Centre for Strategic and International Studies (CSIS) adalah institusi independen dan bipartisan yang melakukan penelitian kebijakan dan analisis strategis. Beberapa bidang yang menjadi fokus adalah politik, ekonomi, dan keamanan.

CSIS juga aktif dalam membangun kerja sama internasional. CSIS juga rutin menerbitkan buku dan monograf penelitian berbahasa Indonesia maupun Inggris.

Dalam pelaksanaan quick count Pemilu 2019, CSIS bekerja sama dengan Cyrus Network.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

#OpiniQuickCount Penasaran siapa yang menang? nantikan hasil hitung cepat Pilpres 2019 di opini.id!

A post shared by OPINI.id (@opiniid) on

3. Kawal Pemilu

Sebelumnya, Kawal Pemilu yang digerakkan oleh relawan independen berinisiatif untuk menghitung seluruh berkas C1 Plano yang diunggah di situs KPU pada Pemilu 2014 sehingga perkiraan hasil real time dapat diketahui masyarakat lebih cepat. 

Pada Pemilu 2019, Kawal Pemilu mengajak relawan seluruh Indonesia tidak lagi menghitung berkas C1 Plano dari website KPU melainkan langsung dari TPS. Harapannya hasil penghitungan real menjadi lebih kredibel untuk memperkirakan hasil akhir. Tentu saja hasil penghitungan belum mempertimbangkan jika terjadi sengketa sehingga harus dilakukan pemungutan suara ulang di beberapa lokasi.

Hasil quick count maupun real count bukanlah hasil akhir Pilpres 2019 namun hanya perkiraan suara yang dilakukan secara independen melalui metode yang dapat dipertanggungjawabkan.

Hasil resmi Pilpres 2019 tetap berdasarkan hasil penghitungan manual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari tingkat TPS hingga penghitungan suara nasional.

Berikut jadwal tahapan Pilpres 2019:

8-17 April 2019
Pemungutan dan penghitungan suara dalam negeri dan luar negeri.

18 April-22 Mei 2019
Rekapitulasi penghitungan suara nasional.

23 Mei-15 Juni 2019
Penyelesaian sengketa hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

Agustus-Oktober 2019
Pengucapan sumpah/janji pasangan presiden dan wakil presiden terpilih.

Lebih penasaran mana tunggu hasilnya?
Quick count
Real count
Dua-duanya
1221 votes

Komentar

Fresh