4 Alasan Pemilu di Indonesia Itu Lebih Ribet dan Rumit | OPINI.id
4 Alasan Pemilu di Indonesia Itu Lebih Ribet dan Rumit

Mulai dari lembaga kajian di Australia bernama Lowy Institute sampai pengajar jurusan ilmu politik dari Universitas Indonesia Sri Budhi Eko Wardhani beranggapan jika pemilu di Indonesia itu termasuk paling rumit dan paling menakjubkan di dunia karena skalanya yang besar dan dilaksanakan dalam satu hari saja.

Bahkan pemilu di Indonesia hampir serumitnya dengan India, masa sih? Dalam hal jumlah pemilih dan kompleksitas, mungkin pemilu di India termasuk yang juga paling menakjubkan di dunia.Soalnya India dan Indonesia sama dikenal lemahnya dalam hal berkoordinasi.

Akan tetapi dalam hal pemilihan umum, lembaga penyelenggara pemilu di kedua negara ini dikenal efisien dan andal dalam menyelenggarakan pesta demokrasi yang rumit. Pemilu di India sebenarnya lebih besar dalam skala soalnya jumlah pemilih di sana mencapai 903 juta orang. Ada tiga poin kenapa pemilu kita rumit dan menakjubkan.

1. Pakai Paku

Satu hal yang juga dipandang unik oleh Lowy Institute adalah penggunaan paku secara manual untuk mencoblos atau membuat lubang pada kertas suara. Di berbagai negara, pemilu dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik atau e-voting, atau setidaknya dengan alat tulis seperti pulpen.

2. Pemungutan Suara Dimulai Pagi

Kebayang dong pesta demokrasi kita dimulai dari jam 07:00 pagi dan sudah harus selesai pada pukul 13.00. Capeknya kayak gimana, makanya gak heran ada juga sebagian suara yang gak tercoblos mungkin karena bangunnya kesiangan. Makanya bangun pagi ya demi Indonesia yang lebih baik.

3. Rekapitulasi Berjenjang

Usai ditutup, kita pun akan menghadapi masa rekapitulasi guys. Rekapitulasi secara berjenjang, mulai dari TPS, mengikuti jalur administrasi pemerintahan, hingga mencapai ke KPU RI. Rekapitulasi ini akan memakan waktu waktu dari 18 April hingga 22 Mei 2019.

4. Hasil Suara Ketahuan Setelah 30 Hari

Perhitungan suara secara manual dan berjenjang jadi alasan ketat kenapa pemilu kita begitu kompleks dan rumit. Menurut Sri Budhi Eko Wardhani, mungkin Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang hasil penghitungan suaranya baru diketahui 30 hari sesudahnya.

Gimana kamu udah tentukan pilihanmu belum besok?
Sudah dong
Belum nih galau
57 votes

Komentar

Fresh