Pemilu 2019 Dianggap Paling Rumit tapi Juga Menakjubkan di Dunia | OPINI.id
Pemilu 2019 Dianggap Paling Rumit tapi Juga Menakjubkan di  Dunia

17 April 2019 adalah hari besar bagi bangsa Indonesia, karena inilah momen kita untuk menentukan siapa orang terbaik yang pantas memimpin bangsa Indonesia periode 2019-2024. Lembaga kajian di Australia, Lowy Institute pun menyebutkan jika Pilpres 2019 di Indonesia termasuk rumit dan paling menakjubkan di dunia.

Hal ini dikarenakan skalanya yang besar dan dilaksanakan dalam satu hari saja. Haduh, banyak banget yang bangsa asing yang ikutan heboh sama pemilu kita, sampai-sampai di beberapa negara mengganti kotak suara kardus yang padahal sudah dibuat oleh KPU kita.

Pasti bertanya-tanya kenapa rumit tapi menakjubkan. Soalnya jumlah pemilih yang hampir 193 juta orang pada pemilu kali ini merupakan yang terbesar di dunia dalam hal memilih presiden secara langsung. Jumlah ini tentunya bertambah sebanyak 2,4 juta orang dari pemilu 2014 lalu.

Pemungutan suara pun dilaksanakn di 809.500 tempat pemungutan suara (TPS), di mana setiap TPS akan melayani sekitar 200 hingga 300 orang pada saat hari pencoblosan. Pada pemilu tahun 2014, jumlah TPS sekitar 500.000 dan setiap TPS melayani sekitar 400 pemilih.

Belum lagi jumlah total calon anggota legislatif yang bersaing sebanyak 245.000 orang yang memperebutkan sekitar 20.500 kursi yang ada di 34 provinsi dan sekitar 500 kabupaten kota. Kebayakan gak, di hari yang sama pemilu di Indonesia itu menjalankan lima pemilihan bersamaan. Pemilihan presiden-wakil presiden, DPR,DPD,DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Lantas apa yang bikin unik? Apalagi kalau bukan manual. Pencoblosan dan perhitungan suara secara manual dianggap pengajar jurusan ilmu politik dari UI, Sri Budhi Eko Wardhani sebagai bentuk keunikan dan kompleksnya pemilu kita guys.

Soalnya nih perhitungan suara secara manual itu berlangsung lama. Indonesia bisa dibilang satu-satunya negara di dunia yang hasil perhitungan suaranya baru akan diketahui 30 hari sesudahnya loh! Coba deh lihat, dimulai dari pukul 07:00 pagi dan sudah harus selesai pada pukul 13:00 siang. Setelahnya akan ada rekapitulasi mulai dari TPS mengikuti jalur administrasi pemerintahan, hingga sampai ke KPU RI. Makanya jangan sampai gak ikutan nyoblos ya.

Setuju gak Pilpres Indonesia itu Rumit ?
Setuju
Tidak setuju
153 votes

Komentar

Fresh