Bingung Pilih Caleg yang Mana? Lihat Daftarnya di 4 Situs Ini | OPINI.id
Bingung Pilih Caleg yang Mana? Lihat Daftarnya di 4 Situs Ini

Pemilu 2019 akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia pada Rabu, 17 April, warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih pasti sudah bisa menentukan pilihan buat memilih calon presiden dan wakil presiden. Namun mungkin masih banyak orang yang bingung menentukan pilihan bagi calon legislatif di Pemilu 2019 ini.

Di tengah hebohnya sebagian masyarakat menyambut pemilihan presiden atau Pilpres 2019, namun sayangnya tidak dibarengi dengan ramainya pembahasan saat warga masyarakat membicarakan atau mempertanyakan siapa calon anggota legislatif yang akan mereka coblos pada pemilu serentak Rabu 17 April 2019 besok.

Seperti dilansir bbc news Indonesia, banyak warga di media sosial yang mengeluhkan akan minimnya informasi soal nama-nama caleg yang akan mereka pilih. Seperti kita ketahui ada 5 kertas suara yang disediakan KPU untuk pencoblosan pada 17 April di TPS. Tiga dari kertas suara tersebut adalah untuk memilih calon legislatif yaitu kertas suara warna hijau untuk memilih caleg DPRD Kabupaten/Kota, warna biru untuk memilih caleg DPR Provinsi dan warna kuning untuk memilih DPR RI.

Dalam surat suara untuk memilih DPRD Kota/Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR RI hanya mencantumkan nama calon legislatif tanpa menggunakan foto. Cara memilih, adalah dengan mencoblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, dan/atau nama calon anggota legislatif.

Lalu bagaimana kamu sebagai pemilih bisa mengetahui nama-nama caleg yang akan dipilih? Ada beberapa sumber yang sebenarnya bisa digunakan oleh calon pemilih untuk bisa mengetahui daftar nama-nama caleg, diantaranya adalah:

1. Situs KPU

Komisi Pemilihan Umum adalah sumber resmi yang menyediakan data tentang para caleg di situs ini. Calon pemilih bisa melihat dari menu berdasarkan tingkat daerah pemilihan, dari DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, lalu memilih provinsi, dan kemudian kabupaten/kota.

Di situs ini pemilih juga bisa melihat semua caleg di daerah pemilihan tempat pemilih terdaftar dalam tabel yang tersebar di beberapa halaman web, lengkap dengan foto, dan detail biodata mereka, termasuk daftar riwayat hidup.

2. Situs Pintarmemilih.id

Situs ini dikelola oleh Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) atas dukungan Google Indonesia. Data-data dari situs ini berdasar pada data yang diunggah ke situs resmi Komisi Pemilihan Umum.

3. Situs Calegpedia.id

Dalam situs ini selain mengetengahkan nama para caleg, juga memberikan contoh simulasi kertas surat suara di masing-masing daerah pemilihan. Hingga para pemilih bisa memperkirakan posisi para caleg pilihan mereka di kertas surat suara dan menghemat waktu dalam mencoblos.

4. Situs JariUngu.com

Situs ini tidak terafiliasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau salah satu KPU Daerah (KPUD). Sementara, data yang mereka unggah berdasarkan data caleg di situs KPU, dan data anggota DPRD Provinsi, Kabupaten maupun Kota dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk berbagai situs KPUD. 

Apa kamu sudah tahu calon legislatif mana yang bakal kamu pilih?
Sudah tahu
Masih bingung
Ga tahu, ga penting juga
70 votes

Komentar

Fresh