Biar gak Golput Yuk Simak Penjelasan Kreator si Juki | OPINI.id
Biar gak Golput Yuk Simak Penjelasan Kreator si Juki

Menjelang pesta demokrasi yang berlangsung serentak pada 17 April 2019 di seluruh Indonesia, tokoh komik Si Juki menerbitkan sebuah karya komik berjudul #SayaTidakMemilih. Komik ini resmi diluncurkan tepat setelah mengampanyekan gerakan dengan judul yang sama lewat akun media sosialnya.

Menurut Faza Meonk, kreator komik Si Juki, alih-alih menyuruh para pembacanya untuk golput di pemilihan umum nanti, #SayaTidakMemilih justru mempunyai niat untuk mengedukasi pemilih-pemilih muda Indonesia agar lebih cermat lagi dalam menentukan pilihan pada Pemilu 2019.

Foto: Instagram/@jukihoki

“Intinya itu sebenarnya komik tentang pemimpin-pemimpin seperti apa yang sebaiknya tidak dipilih. Tapi memang ini antara buku sama media sosial kita in line, jadi sebelum komik ini terbit, kita di media sosial udah duluan untuk mengampanyekan si #SayaTidakMemilih ini,” jelas Faza kepada Opini.id.

Faza mengaku bahwa cara ini sebagai sebuah edukasi politik kepada masyarakat yang cukup unik dan bisa dikatakan kontroversial. Hal ini diawali dengan cuitan karakter komik Si Juki di Twitter yang mendeklarasikan gerakan #SayaTidakMemilih tanpa dilengkapi dengan keterangan yang jelas. Sontak hal ini membuat netizen bertanya-tanya, berasumsi, dan bahkan ada yang langsung menilai bahwa gerakan tersebut merupakan gerakan yang sesat.

“Kita juga sekalian ngetes, sebenarnya tipe-tipe netizen kita nih yang cepet nge-judge apa sabar untuk menunggu. Tapi kan terjadi, akhirnya di media sosial rame. Wah ternyata Juki ngajak golput, wah golput itu gak boleh, wah bisa ditangkep, apa segala macem, ramelah intinya. Kalau kita mau edukasi, biasanya, orang tuh nggak suka digurui. Kita harus muncul dengan sesuatu yang menarik dulu,” lanjut Faza.

Foto: Instagram/@jukihoki

Sebenarnya, pada Pemilu 2014 lalu Si Juki juga sempat mengeluarkan komik edisi politik yang berjudul Berani Beda. Komik ini kurang lebih berisi parodi tentang Si Juki yang mencalonkan diri menjadi calon presiden Indonesia.

Tujuannya saat itu adalah menginformasikan kepada masyarakat bahwa pemilu adalah sesuatu yang menyenangkan, mengingat masih banyak masyarakat yang antipati terhadap politik kala itu. Namun berbeda dengan situasi saat ini dimana masyarakat justru sangat antusias dengan suasana politik, maka tujuan komik Si Juki #SayaTidakMemilih pun berbeda.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Si Juki (@jukihoki) on

“Harus lebih advanced lagi (tujuannya) karena asumsi kita masyarakatnya sekarang sudah cukup sok-sok peduli ya, sok-sok peduli tapi kadang malah lebay dan mengganggu. Jadi kita mau ayo kita fokus lagi dong, jangan ngomongin kubu A kubu B, tapi omongin yang sebenarnya jangan kita pilih seperti apa sih, yang harus kita hindari caleg-caleg seperti apa, pemimpin-pemimpin yang seperti apa gitu,” jelas pria berusia 27 tahun tersebut.

Pilpres 2019 buat kamu lebih peduli sama politik?
Peduli banget
Makin bodo amat
100 votes

Komentar (1)

Fresh