9 Tokoh Dukung Jokowi dan Prabowo di Last Minutes, Ngaruh Gitu? | OPINI.id
9 Tokoh Dukung Jokowi dan Prabowo di Last Minutes, Ngaruh Gitu?

Sudah menjadi kebiasaan di hari-hari terakhir menjelang pencoblosan, dukungan kepada kandidat capres tertentu disampaikan secara terbuka oleh tokoh yang berpengaruh dan punya basis massa. Begitu pula menjelang Pemilu 2019 ini, ada beberapa tokoh yang sebelumnya masih 'malu-malu' akhirnya mengumumkan pilihannya.

Saksikan debat Pilpres 2019 kelima di Opini.id di sini!

Setidaknya sudah ada 9 tokoh yang buka-bukaan keberpihakannya kepada kandidat calon presiden dan wakil presiden yang berlaga baik kepada Joko Widodo-Ma'ruf Amin maupun pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno di minggu terakhir masa kampanye.

Akankah dukungan para tokoh di last minutes kampanye Pimpres 2019 ini akan berpengaruh pada elektabilitas kedua capres? Mungkin jawabannya bisa ya dan bisa tidak. Sebab, para pendukung tokoh-tokoh tersebut bisa jadi sudah menentukan pilihan sehingga dukungan terbuka para tokoh hanya menguatkan saja pilihan mereka.

Namun, bagi swing voter dan undecided voter yang belum menentukan pilihan, dukungan para tokoh mungkin menjadi pertimbangan sendiri saat mencoblos nanti.

Berikut daftar tokoh yang memberikan dukungan di last minutes:

1. Ustad Abdus Somad

Nama Ustad Abdus Somad atau UAS sudah gak asing lagi. Dia malah sebelumnya digadang-gadang oleh para ulama yang berkumpul dalam Ijtima Ulama sebagai calon wakil presiden. Namun, upaya mendorong UAS menjadi cawapres gagal. Prabowo yang didukung Ijtima Ulama lebih memilih Sandiaga Uno dengan berbagai alasan.

UAS sangat terkenal dengan isi kajiannya yang rutin diunggal di YouTube dan media sosial. Bahkan, setiap kali dia mengisi pengajian di berbagai daerah selalu dihadiri massa yang berjubel. 

Selama beberapa bulan terakhir, UAS masih menyembunyikan keberpihannya dalam Pilpres 2019. Namun, pada 11 April 2019, muncul tayangan eksklusif di TVOne yang menyajikan dialog antara UAS dan Prabowo Subianto. Dalam kesempatan itu, UAS menyatakan dukungan kepada Prabowo.

 

2. Ustad Adi Hidayat

Ustad Adi Hidayat yang juga dikenal dengan kajiannya rutin di channel media sosial dan di berbagai daerah juga menyatakan sinyal jelas dukungannya kepada Prabowo Subianto. Bersama sejumlah selebriti yang aktif di gerakan hijrah, Ustad Adi Hidayat bertemu dengan Prabowo di kediamannya Rumah Kertanegara, Jumat (12/4/2019) malam.

Dalam kesempatan tersebut Ustad Adi Hidayat memberikan nasihat kepada Prabowo. Tampak dalam video rekaman pertemuan tersebut, hadir para aktivis Kajian Musyawarah (Muda, Sakinah Mawadah Warahmah) seperti Arie Untung, Dimas Seto, dan Teuku Wisnu. 

3. Dahlan Iskan 

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan juga secara terbuka menyatakan dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto. Padahal, sebelumnya Dahlan adalah pendukung Jokowi-JK pada Pilpres 2014.

Dukungan tersebut disampaikan Dahlan saat menghadiri Pidato Kebangsaan Prabowo Subianto di Hotel Dyandra, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/4/2019). Dahlan diberi kesempatan ke atas panggung dan menyampaikan alasannya beralih mendukung Prabowo.

4. Gatot Nurmantyo

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang sebelumnya belum menyatakan secara terang-terangan mendukung salah satu capres akhirnya menyatakan diri merapat ke Prabowo. Sebelumnya, Gatot sempat keberatan fotonya digunakan dalam spanduk ucapan selamat kepada Prabowo yang mendirikan posko pemenangan di Solo, Jawa Tengah.

Hal yang sama dengan Dahlan Iskan, ia hadiri dalam Pidato Kebangsaan Prabowo Subianto di Surabaya, Jumat (12/4/2019).

5. Faisal Basri

Ekonom Faisal Basri yang ditunggu-tunggu analisisnya terhadap perkembangan ekonomi makro secara nasional akhirnya secara terbuka menyatakan dukungan kepada Jokowi. Sebelumnya, tulisan dan komentar Faisal Basri mengenai perekonomian Indonesia sering menjadi senjata buat oposisi pemerintah untuk menunjukkan kelemahan pemerintahan saat ini dalam hal ekonomi.

Tidak hanya menyatakan dukungan kepada Jokowi, Faisal Basri juga secara terang-terangan meng-endorse Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di sela-sela acara Orasi Kebudayaan Faisal Basri di Soehana Hall, SCBD, Kamis (11/4/2019).

6. Bima Arya

Wali Kota Bogor Bima Arya secara terbuka pun menyatakan dukungan kepada Jokowi. Padahal dia saat ini adalah Wakil Ketua DPP PAN dan akan menjalani periode kedua menjadi Wali Kota Bogor 2019-2024. Bima Arya siap dengan konsekuensinya jika harus dipecat PAN karena berseberangan dengan partai yang secara resmi adalah pengusung pasangan Prabowo-Sandiaga. 

Dukungan Bima Arya disampaikan dalam acara "Speak Up Satukan Suara" yang berlangsung di Puri Begawan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019) malam. Selain menyatakan alasannya mendukung Jokowi, dia juga menyerukan kepada warga Kota Bogor untuk mendukung pasangan capres nomor 01.

7. Abdullah Gymnastiar

Ustad Abdullah Gymnastiar yang dikenal sebagai pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhid, Bandung menjadi ustad ketiga yang secara terang-terangan memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto. Hal tersebut disampaikan Aa Gym saat ditemui Prabowo dan Sandiaga di rumahnya, Jl Cipaku, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Aa Gym dalam berbagai kesempatan memberikan ceramah agama selalu menyatakan telah memiliki pilihan sendiri, namun tidak mau mengumumkannya. Bahkan ia sempat berseteru dengan mantan Ketua PPP Romahurmuziy karena muncul isu Romi menyebut kalau Aa Gym netral dalam Pilpres 2019.

8. Habib Luthfi bin Yahya

Rais Aam Idarah Aliyah Jamiyah Ahli Thariqah al-Mutabarah al-Nahdliyah (JATMAN) Habib Luthfi bin Yahya secara pribadi menerima kunjungan Jokowi di Hotel Fairmont, Jakarta, Sabtu (13/4/2019) jelang Konser Putih Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) yang merupakan puncak kampanye pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Habib Luthfi memberikan tasbih berwarna biru sebagai simbol dukungannya kepada Jokowi.

Dukungan Habib Luthfi bin Yahya sebenarnya sudah terlihat dari akrabnya hubungan dia dengan Jokowi. Berkali-kali Jokowi hadir ke Pekalongan untuk berbagai acara. Ulama yang dikenal dekat dengan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo itu pun hadir dalam Konser Kebangsaan di Semarang, Jawa Tengah yang dituding sebagai dukungan tak langsung kepada Jokowi. 

Begitu juga saat kampanye di Brebes. Beredar video Habib Luthfi mengacungkan satu jari dan meminta masyarakat menangkan 01.

9. KH Maimoen Zubair

Sesepuh PPP dari Rembang KH Maimoen Zubair ikut menerima Jokowi di Hotel Fairmont bersama dengan Habib Luthfi bin Yahya, Sabtu siang. Kalau Habib Luthfi memberikan tasbih, KH Maimoen Zubair memberikan kain serban berwarna hijau dan meminta Jokowi untuk mengalungkan di leher.

Keberpihakan Kh Maimoen Zubair sebelumnya menjadi 'rebutan' pendukung Jokowi maupun Prabowo. Sebab, KH Maimoen juga menerima silaturahmi Prabowo di kediamannya dan ikut mendoakan capres tersebut. Malah, saat KH Maimoen Zubair menerima kunjunga Jokowi, sempat ada insiden "salah doa' yang diartikan oleh pendukung Prabowo sebagai dukungan KH Maimoen kepada capres 02.

Suarakan alasan kamu harus datang memilih ke TPS di gedein.opini.id. Alasan yang terpilih bakal dipampang di LED raksasa Jl Sudirman, Slipi, dan Tol Bandara Soekarno Hatta, antara 13-16 April 2019.

Apakah pilihan kamu terpengaruh dukungan tokoh-tokoh ini?
Tidak dong
Ya nih jadi galau
Masih dipertimbangkan
983 votes

Komentar (2)

Fresh