Final Debat Capres Kelima Akankah Berlangsung Seru? | OPINI.id
Final Debat Capres Kelima Akankah Berlangsung Seru?

Tepat di tanggal 13 April 2019 nanti, masyarakat Indonesia akan disajikan lagi acara debat capres final alias debat yang kelima. Tema debat terakhir ini mengangkat soal Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan, dan Keamanan serta Hubungan Internasional.

Meski pada tanggal 17 Aprilnya adalah hari pencoblosan, namun jadwal debat final capres kelima yang akan dihadiri kedua paslon yaitu Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi ini sudah disepakati bersama oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan para capres dan cawapres.

Debat final ini akan digelar di akan digelar di Hotel Sultan, sama seperti debat kedua dan debat ketiga nanti. Bicara soal debat final capres ini, sebenarnya ada sedikit polemik yaitu masa tenang Pilpres 2019.

Hanya saja Arief Budiman selaku Ketua KPU tidak merasa khawatir dengan persoalan masa tenang ini. Itu dikarenakan masa tenang Pilpres 2019 masuk pada tanggal 14 April 2019 yaitu setelah debat kelima Pilpres 2019 yang dilaksanakan pada 13 April 2019.

Walaupun sebagian orang beranggapan debat Pilpres 2019 kurang seru, apalagi setelah debat pertama dibagikan kisi-kisi. Akan tetapi, debat Pilpres 2019 jauh lebih menarik ketimbang 2014 tahun lalu.

Menurut survei, debat kali ini meraih angka penonton lebih tinggi dibandingkan tahun 2014 lalu. Bahkan, debat Pilpres 2019 disiarkan oleh 13 stasiun televisi, sedangkan 2014 hanya disiarkan tujuh stasiun televisi saja.

Rating gabungan tertinggi dicapai saat menayangkan debat antara calon presiden saja, yaitu Jokowi dan Prabowo. Nah, menurut survei Nielsen, debat tahun ini cukup banyak menjangkau penonton perempuan, penonton berusia di atas 40 tahun dan penonton pada segmen upper class secara konsisten. Topik paling menarik adalah saat debat kedua, yaitu energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, infrastruktur dengan share mencapai 73,1 persen.

Menurut kamu acara debat capres dan cawapres Pilpres 2019 ini seru apa nggak sih?
Tidak seru
Seru banget
Kurang seru
36 votes

Komentar (1)

Fresh