Tentukan Pilihan Capres di Pilpres 2019, Lihat Juga Sisi Positifnya | OPINI.id
Tentukan Pilihan Capres di Pilpres 2019, Lihat Juga Sisi Positifnya

Debat Kelima Pilpres 2019 bakal jadi momen bagi masyarakat yang belum menentukan pilihannya atau undecided voters pada Pemilu 2019, 17 April nanti. Kedua pasangan calon Capres-Cawapres pada debat kelima Pilpres 2019 akan membahas tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri. 

Debat kelima Pilpres 2019 yang digelar Sabtu (13/4/) ini bisa jadi ajang untuk menimbang dan melihat kedua paslon dari berbagai sisi hingga nanti para undecided voters bisa memantapkan pilihannya kepada Jokowi-Ma'ruf atau justru pada pasangan Prabowo-Sandi.

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo Jati, seperti dikutip dari tagar.id, menyarankan kepada undecided voters untuk meninggalkan keburukan atau kelemahan yang dimiliki Jokowi-Ma'ruf maupun pasangan Prabowo-Sandi yang sering dimunculkan di sosial media.

Kemudian biasakan menelisik dan melihat sisi positifnya juga dari berbagai situs yang memberikan informasi yang valid ataupun dari media sosial. Maupun yang dibangun serta disampaikan kandidat Pilpres 2019 pada debat kelima Pilpres mendatang dan hasil debat sebelumnya.

Menurut Wasisto, debat kelima Pilpres diprediksi bakal menjadi momen klimaks, senjata pamungkas bagi pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi dalam menegaskan visi-misi maupun gagasan kedua pasangan paslon kepada pemilih.  

Terkait hal itu, kedua kandidat capres-cawapres juga bakal melihat lagi atmosfer politik jelang debat terakhir. Lantaran kedua kandidat berada pada performa maksimal dan harus mampu memberikan keyakinan sekaligus meraih hati masyarakat memberikan pilihan pada pasangan capres-cawapres ini, khususnya bagi pemilih yang hingga kini belum menentukan pilihan mereka.  

Seperti diketahui, undecided voters adalah jumlah orang yang belum menentukan pilihan hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Artinya, pilihan mereka ditentukan saat menjelang hari H pencoblosan atau pada saat di TPS.

Sejumlah lembaga survei mengungkapkan undecided voters jelang pencoblosan Pemilu 2019 berada pada rentang 10-20 persen. Sementara itu, survei terakhir LSI menyatakan ada sekitar 16,2 persen jumlah undecided voters dan diprediksi jumlahnya semakin mengecil jelang pelaksanaan pilpres.

Sebaran distribusi undecided voters sangat beragam. Di segmen umur, jumlah undecided voters merata. Paling besar di usia 20-29 tahun sebanyak 16 persen, dan 22,6 persen di atas usia 50 tahun. Untuk distribusi pendidikan, undecided voters 19 persen untuk yang lulus SD atau di bawahnya, tamat SMP 14 persen, tamat SMA 12,4 persen, dan pernah kuliah 17,9 persen.

Namun menurut Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Fitri Hari, dikutip dari beritasatu.com, mengacu pada suara hasil survei, terkadang banyak warga yang berpendidikan tinggi, pada hari H tak datang atau berhalangan teknis untuk hadir di TPS sehingga akhirnya tak memilih atau menjadi golput. Undecided voters masih mungkin jadi golput apabila para kandidat di Pilpres 2019 tak bisa memberikan keyakinan pada mereka untuk memilih. 

Ayo, saksikan live streaming debat kelima Pilpres 2019 antara paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sabtu (13/4/2019) pukul 20.00 WIB di Opini.id atau YouTube Opini.id  

Apakah debat pertama hingga keempat sudah sesuai dengan ekspektasi kamu untuk menentukan pilihan?
Sudah, mantap tentukan pilihan
Ragu-ragu, nunggu hasil debat kelima
Ga ada yang meyakinkan
15 votes

Komentar

Fresh