TNI AD Kini Dilengkapi 3 Alutsista Baru | OPINI.id
TNI AD Kini Dilengkapi 3 Alutsista Baru

Seiring berjalannya waktu, Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista TNI) juga mengalami perkembangan. Saat ini, peralatan-peralatan TNI jadi semakin canggih, dimana penambahan alutsista ini bertujuan untuk memperkuat pertahanan wilayah Indonesia. 

Seperti juga Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed) Kodiklat Angkatan Darat yang terus berupaya memperbaharui modernisasi alutsista. Saat ini, ada tiga alutsista yang menjadi prioritas Pussenarmed, yaitu Meriam Caesar 155, Roket Astros II, dan Meriam GS M109.

Danpussenarmed Kodiklat AD, Kolonel Arm Purbo Prastowo, akhir Maret 2019 lalu, mengungkapkan tiga alutsista modern terbaru tersebut didatangkan langsung dari luar negeri dan saat ini sudah berada di Pusdik AD.

Meriam Caesar 155 jarak capainya bisa 40 kilometer buatan Prancis. Kemudian yang paling modern Roket Astros buatan Brasil dengan daya jangkau sampai 90 kilometer dan ke depan jika di upgrade bisa mencapai 300 kilometer. Kemudian yang paling baru Meriam GS M109 buatan Belgia.

Dikutip dari viva.co.id, menurut Purbo, tiga alutsista ini akan ditempatkan di Kodam berbagai daerah di Tanah Air dan akan ditempatkan di pulau terluar Indonesia. Hal ini dilakukan agar memberikan deterrence effect atau strategi TNI AD untuk mencegah musuh mengambil tindakan melakukan penyerangan ke wilayah NKRI.

Tak hanya pengadaan alutsista saja, pihak Pussenarmed Kodiklat Angkatan Darat juga memberikan pendidikan dan latihan kepada prajurit yang akan menjalankan dan mengoperasikan persenjataan baru tersebut. Sedangkan untuk perawatan atau pemeliharaan terhadap alutsista baru ini, TNI AD juga telah mengirimkan personilnya untuk belajar cara perawatan tiga alutsista tersebut.

Guna pemeliharaan alutsista ini ada beberapa satuan dikirim oleh pihak Pussenarmed Kodiklat Angkatan Darat, tidak hanya dari Armed, tapi juga dari Direktorat Peralatan ikut serta kirimkan. Pasalnya jika ada alat-alat yang mungkin di luar kemampuan personel Armed maka akan ditangani oleh personel dari kesatuan lain.

Masih percaya kan sama kemampuan TNI AD?
Harus percaya dong
Masih ada yang kurang sih
Dukung modernisasi alutsista
193 votes

Komentar

Fresh