Isu 3 Jet Tempur Hadang Pesawat Prabowo Dibantah TNI AU | OPINI.id
Isu 3 Jet Tempur Hadang Pesawat Prabowo Dibantah TNI AU

Mantan Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo curhat di Twitter. Dia sebut pesawat yang ditumpangi Prabowo Subianto dipersulit di bandara.

Ada 3 rangkaian tweet yang ditulisnya. Pertama, dia tulis kalau pesawat yang ditumpangi Prabowo aborted take off karena saat akan terbang ada 3 jet tempur yang melintas di ujung landasan.

Menurutnya, pengaduan resmi dan bukti CVR atau rekaman suara di kokpit pesawat akan disampaikan kepada Dirjen Perhubungan Udara. Kejadiannya ditulis 1 April 2019 saat Prabowo akan terbang ke Purwokerto.

Menurut dia, proses mendarat pun sering diperlambat antara 2-3 jam sehingga menyebabkan jadwal kampanye Prabowo berantakan.

Seperti biasa, tweet yang provokatif langsung disambar netizen. Tidak sedikit yang langsung mempertanyakan netralitas aparat dalam Pemilu 2019.

Tuduhan JS Prabowo pun langsung ditanggapi TNI AU. Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Samyoga merilis pernyataan resmi yang menjelaskan kejadian di Lanud Halim Perdanakusuma.

"Apa yang disampaikan Pak JS Prabowo tidak tepat karena yang beliau sampaikan terjadi pada dua hari yang berbeda," ujar Marsma Samyoga.

Berikut kronologi kejadian dari TNI AU:

Senin, 1 April 2019
- CN-235 Kalong Flight posisi take off dan menyusul telah bersiap pesawat 9HNYC jenis Embraer Lineage 1000 dari AirX yang ditumpangi Prabowo Subianto.
- Pesawat 9HNYC kemudian diberikan izin take off oleh junior ATC, namun ternyata kondisi belum aman karena CN-235 belum cross wind (belum belok).
- Senior ATC kemudian melakukan abort take off untuk memastikan keamanan. Tidak ada hubungannya sama sekali dengan keberadaan jet tempur.

Selasa, 2 April 2019
- Pukul 10.10 2 jet tempur Sukhoi landing dengan aman
- Pukul 10.13 Pesawat 9HNYC start engine
- Pukul 10.17 Pesawat 9HNYC request taxi
- Pukul 10.17 Wing Air WON 1721 posisi approach
- Pukul 10.18 Pesawat 9HNYC holding di taxiway C menunggu WON 1721
- Pukul 10.20 WON 1721 landing
- Pukul 10.21 Pesawat 9HNYC menuju posisi line up
- Pukul 10.23 Pesawat 9HNYC take off ke Padang
- Pukul 10.20 3 jet tempur Sukhoi mendarat

Kalau dapat kabar yang isinya heboh, apa yang kamu lakukan?
Skeptis dulu, jangan-jangan hoax
Cari info ke sumber kredibel
Tunggu dulu info lengkapnya
Simpan sendiri, gak langsung sebar
897 votes

Komentar (6)

Fresh