Pertama di ASEAN, PT PAL Bakal Luncurkan Kapal Selam Karya Anak Bangsa | OPINI.id
Pertama di ASEAN, PT PAL Bakal Luncurkan Kapal Selam Karya Anak Bangsa

Saat ini TNI AL sedang mengembangkan kekuatan alat utama pada sistem persenjataan (alutsista) hingga tahun 2024. Seperti kita ketahui, Indonesia saat ini baru memiliki 2 unit kapal selam. Jumlah itu akan bertambah dengan kehadiran 3 unit kapal selam militer hasil kerja sama antara PT PAL Indonesia (Persero) bersama galangan kapal asal Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME).

Tak hanya itu, Indonesia juga patut bangga, pasalnya karya anak bangsa dalam pembuatan alutsista patut diacungkan jempol. Seperti, satu kapal selam yang akan segera diluncurkan pada tanggal 12 April 2019 yaitu KRI Alugoro 405 adalah hasil rakitan putra putri terbaik bangsa Indonesia.

Kapal selam KRI Alugoro 405 dibuat oleh PT PAL dengan melakukan kerjasama transfer teknologi dari para enginering yang berasal Korea Selatan. Perusahaan galangan kapal yang bermarkas di Surabaya itu terus berinovasi dalam menyokong kemandirian alutsista khususnya bagi TNI AL. 

Pembangunan KRI Alugoro 405/PT PAL

Alugoro 405 merupakan kapal selam ketiga dari keseluruhan seri Nagapasa class, tetapi merupakan kapal selam pertama yang dirakit secara lokal di fasilitas PT PAL di Surabaya dan menjadi yang pertama di wilayah Asean. Perakitannya dilakukan bekerja sama dengan para insinyur dari Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan sebagai bagian dari program transfer teknologi.

Kepala Humas PT PAL Indonesia Bayu Witjaksono menjelaskan jika ketiga kapal selam jenis Improved Chang Bogo atau setelah bertugas di TNI AL akan bernama Nagapasa Class itu merupakan program alih teknologi antara PT PAL Indonesia dengan DSME Korea Selatan.

Penandatanganan kontrak pengadaan tiga kapal selam dengan DSME Korea Selatan ini sudah dilakukan sejak Desember 2011. Kapal selam pesanan Indonesia ini mulai dibangun tahun 2013 dan kapal pertama terealisasi tahun 2017. Sementara keseluruhan kapal telah diselesaikan pada tahun 2019 ini.  

Sesuai dengan kontrak, pembuatan kapal selam pertama dan kedua dilaksanakan di Korea selatan, dan yang ketiga dilakukan di galangan kapal PT PAL Indonesia serta dikerjakan oleh putra putri Indonesia.

Kapal selam pertama yang bernama KRI Nagapasa-403 telah diresmikan oleh Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu pada 2 Agustus 2017 dan saat ini telah memperkuat armada RI. Sedangkan kapal selam kedua KRI Ardadedali 404 juga telah diresmikan di Galangan Daewoo, Korea.

Pembangunan KRI Alugoro 405/PT PAL

Kapal selam Alugoro 405 mempunyai panjang 61,3 meter, lebar 7.6 meter dan berat 1.400 ton ini sanggup melaju 21 knots saat melaju di permukaan, dan 10 knots saat di bawah permukaan air, dengan ketahanan berlayar lebih dari 50 hari.

Secara umum kapal selam Chang Bogo Class ini memiliki beberapa kelebihan dari sisi teknologinya, seperti State of The Art technology yang meliputi Latest Combat System, Enhanced Operating System, Non-hull Penetrating Mast and Comfortable Accomodation.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

#OpiniInfografik Seberapa kuat TNI kita? Pak @prabowo dalam pidato kebangsaannya sempat menyinggung kekuatan militer Indonesia yg menurutnya cuma bisa bertahan selama 3 hari jika terjadi perang. Berapa peringkat kekuatan TNI di kancah dunia? Berikut kutipan dari laporan Global Firepower

A post shared by OPINI.id (@opiniid) on

Selain dipersenjatai torpedo dengan fasilitas delapan buah tabung peluncur, kapal selama Chang Bogo Class juga dirancang untuk mampu mendeploy ranjau laut, meluncurkan rudal anti kapal permukaan, serta mampu melepaskan Torpedo Counter Measure.

Untuk diketahui, nama Alugoro yang digunakan pada kapal selam ini diambil dari cerita pewayangan, yaitu nama senjata pemukul berbentuk alu yang  digunakan oleh Prabu Baladewa. Prabu Baladewa adalah saudara kembar atau kakak dari Prabu Kresna.

Apa yang kamu pikirkan setelah tahu Indonesia bisa buat kapal selam?
Makin bangga dong
Surprise banget
Jangan remehin Indonesia
Pasti gue share
494 votes

Komentar (1)

Fresh