Gotong-royong Melipat Surat Suara Pemilu 2019 | OPINI.id
Gotong-royong Melipat Surat Suara Pemilu 2019

Pemilihan Umum serentak 2019 tinggal menghitung hari. Segala persiapan mulai dari kesiapan petugas, logistik, dan penetapan daftar pemilih terus dikebut.

Demi menyambut pesta demokrasi pertama di Indonesia yang memilih presiden serta calon legislatif secara bersamaan pada 17 April 2019 mendatang.

Bukan hanya petugas KPU yang sibuk, aparat keamanan TNI/Polri juga berlomba menyajikan kekuatan penuh demi keamanan pesta lima tahunan tersebut. Bahkan masyarakat pun juga ikut berpartisipasi di dalamnya.

Seperti yang terjadi di gudang KPU Kabupaten Bogor. Kurang lebih 650 orang berjibaku menyiapkan alat kelengkapan yang vital yakni surat suara.

lipat surat suara pemilu 2019
Jutaan surat suara harus dilipat semua (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Kabupaten Bogor adalah daerah yang memiliki Daftar Pemilih Tetap terbanyak se-Indonesia yakni sebanyak 3.415.593 orang sesuai hasil pleno Daftar Pemilih Tetap Hasil Perubahan (DPTHP-1) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) KPU Kabupaten Bogor.

Ini menjadi tanggung jawab tersendiri bagi masyarakat yang diperbantukan secara lepas tersebut. Meski hanya berbekal honor Rp 75 per lembar, mereka menyortir dan melipat surat suara untuk mendukung asas pemilu yang Langsung, Umum, Bersih, Jujur, dan Adil.

"Dengan adanya pekerjaan ini saya merasa terbantu secara ekonomi. Per hari, saya bisa melipat sekitar 3.000 surat suara," ujar Deny Priyatna, salah seorang pekerja.

Setiap harinya para pekerja lepas tersebut bekerja mulai dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Selain melipat surat suara, mereka juga harus menyortir surat suara rusak, seperti cacat noda atau ada lubang kecil yang disebabkan cacat produksi.

Mereka juga mendapat tugas menyusun serta melipat kotak dan bilik suara yang akan ditempatkan di 14.952 TPS se Kabupaten Bogor. Semoga semua proses tepat waktu dan pesta demokrasi bisa berjalan lancar.

Warga lipat surat suara pemilu 2019
Warga diperbantukan untuk melipat kertas suara (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Foto/teks : Yulius Satria Wijaya
Editor : Prasetyo Utomo

Kamu bakalan datang ke TPS jam berapa?
Paling pagi
Tengah-tengah aja
Nyobos terakhir
37 votes

Komentar (1)

Fresh