Hati-hati, Menganjurkan Golput Bakal Kena Pidana | OPINI.id
Hati-hati, Menganjurkan Golput Bakal Kena Pidana

Buat kamu yang ngajak atau menganjurkan orang-orang disekitar maupun masyarakat luas buat ikutan Golput di Pemilu mendatang, musti rada hati-hati ini. Lantaran pemerintah sedang mewacanakan hukuman pidana bagi penganjur ini.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, menyebutkan, pihak yang mengajak masyarakat untuk golput dapat dikenakan sanksi hukuman. Mengajak masyarakat golput merupakan tindakan yang mengacau sekaligus mengancam hak dan kewajiban orang lain.

Selain itu, menurutnya saat ini masih ada beberapa ancaman yang patut diwaspadai. Di antaranya, politik uang, terorisme, radikalisme, dan hoaks yang mengajak masyarakat untuk tidak datang ke tempat pemungutan suara (TPS) karena dianggap bakal tidak aman.

Peringatan tegas Wiranto ini, merupakan ancaman kedua yang ia serukan menjelang hari pemilihan umum pada 17 April mendatang. Sebelumnya Wiranto juga pernah mengancam bagi para pelaku kabar bohong dan bakal kena pidana terorisme.

Wacana memberi sanksi pidana bagi pihak atau kelompok penganjur golput ini juga disambut baik oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin. Seperti yang diungkapkan Juru Bicara TKN, Irma Suryani Chaniago bahwa pihak yang mengajak golput pada pilpres 2019 merupakan pengacau demokrasi.

Seperti dilansir republika.co.id, Kamis (28/3/3019), Irma mengatakan wajar apabila pemerintah akan memberi sanksi pidana bagi mereka yang menganjurkan golput pada hari pencoblosan Pemilu 17 April nanti. Pengajak golput adalah manusia yang tidak punya moral dan tanggung jawab. Hukum harus ditegakkan

Anggota Komisi IX DPR RI ini juga menegaskan, sekalipun seseorang tidak ikut memilih atau golput adalah merupakan pilihan, namun pihak yang menganjurkan atau mengajak orang lain menjadi golput adalah melawan demokrasi. Hak dan kewajiban warga negara adalah memilih dan dipilih, sedangkan golput adalah pilihan yang tidak bertanggung jawab.

Gimana nih menurut kamu sama wacana penganjur golput bakal dipidana?
Setuju
Mikir-mikir
Ga setuju
7 votes

Komentar

Fresh