Jangan Takut Pergerakan Massa di Pemilu 2019 | OPINI.id
Jangan Takut Pergerakan Massa di Pemilu 2019

Kampanye terbuka bagi peserta Pemilu 2019, pemilihan presiden (Pilpres 2019) maupun pemilihan legislatif (Pileg 2019) telah dimulai sejak Minggu (24/3/2019) hingga Sabtu (13/4/2019). Menghadapi kampanye terbuka di beberapa daerah yang bakal menghadirkan jumlah massa yang tidak sedikit dipastikan akan aman. 

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, masyarakat tak perlu takut terhadap isu-isu maupun pergerakan massa jelang Pemilu 2019. Menurutnya, tabrakan massa pada saat kampanye terbuka atau rapat umum tidak mungkin terjadi.

Sedangkan untuk kerawanan lain, ia yakin personel aparat keamanan yang diturunkan cukup untuk mencegah kerawanan keamanan. Berdasar hasil penilaian sementara kondisi jelang Pemilu 2019 masih sangat aman.

"Saya nyatakan di sini dari eskalasi yang ada, dari laporan intelijen, saya katakan tidak ada kerusuhan. Keadaan masih terkendali dengan baik sampai sekarang dan mudah-mudahan sampai nanti pemilu," tegas Wiranto, seperti dikutip dari cnnindonesia.com.

Sementara itu, untuk kampanye terbuka, telah ada pengaturan perzona, perhari, siapa yang diizinkan untuk berkampanye dengan cara-cara rapat umum atau kampanye terbuka tersebut sudah diatur dengan baik. Sehingga tidak dimungkinkan adanya tabrakan massa. Aparat keamanan, polisi dan TNI, sudah menggelar kekuatan yang cukup untuk dapat mencegah terjadinya gesekan-gesekan massa yang kemudian mengakibatkan konflik

Agar jelang pemilu, saat pemilu ataupun pilpres 2019 berjalan aman dan lancar, aparat TNI dan Polri telah disiagakan 24 jam dalam sehari. Berdasarkan hasil koordinasi sementara, Wiranto mengklaim Polri dan TNI telah menyiapkan pasukan keamanan yang memadai sampai Pilpres 2019 mendatang.  

Ada 453.133 orang personel TNI dan Polri yang disiagakan jelang Pemilu 2019 serta ditambah tenaga dari organisasi masyarakat sekitar 200 ribu orang. Wiranto juga menyebut aparat TNI dan Polri siap menjaga bahkan hingga ke TPS maupun sampai penghitungan suara. Kesiagaan ini menjadi jaminan penyelenggaraan Pemilu 2019 aman dan lancar.

Namun, Wiranto mengingatkan kepada elite politik bahwa gelaran kampanye terbuka maupun Pemilu 2019 dan Pilpres 2019 nanti adalah kontestasi beradu gagasan untuk kepentingan rakyat. Bukan ajang untuk saling menjatuhkan. Sehingga seharusnya tidak ada suasana panas, suasana saling menjatuhkan, saling membuat hoaks untuk menjatuhkan lawan karena Pemilu adalah pesta demokrasi bagi seluruh bangsa Indonesia. 

Tonton live streaming debat capres keempat antara kandidat nomor 01 Joko Widodo dan kandidat nomor 02 Prabowo Subianto, Sabtu (30/3/2019) di Opini.id atau YouTube Opini.id 

Apakah Pemilu 2019 akan aman dari rongrongan pihak-pihak yang tak bertanggungjawab?
Pasti aman
Mudah-mudahan aman
Ga aman
14 votes


Komentar

Fresh