Siapa yang Jago Kandang, Jokowi atau Prabowo? | OPINI.id
Siapa yang Jago Kandang, Jokowi atau Prabowo?

Rangkaian Pemilu 2019 sudah memasuki tahap krusial yakni kampanye terbuka mulai 24 Maret hingga 13 April 2019. Waktunya pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) maupun calon legislatif menunjukkan kekuatan massanya secara terbuka.

Capres nomor urut 01 Jokowi Widodo dan nomor 02 Prabowo Subianto punya cara sendiri memulai kampanye terbuka. Jokowi memilih untuk mengawali kampanye terbuka di Serang, Banten. Sedangkan Prabowo memilih dari Manado, Sulawesi Utara.

Pemilihan lokasi pertama untuk memulai kampanye terbuka tentu bukan tanpa alasan. Buat Jokowi, Kota Serang dan Banten adalah termasuk wilayah yang harus dia taklukkan.

Pada Pemilu 2014, Jokowi yang berpasangan dengan JK kalah suara dari Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Serang. Jokowi hanya meraih 40,2% suara berbanding Prabowo 59,8% suara.

Di Banten, Jokowi hanya meraih 2,39 juta suara atau 42,9%, sementara Prabowo raih 3,19 juta suara atau 57,1%. Selisih suaranya hingga 794.000 suara.

Kehadiran sosok Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden Jokowi tentu juga menjadi faktor penting meraih simpati warga Banten. Ma'ruf Amin adalah tokoh kelahiran Tangerang, Banten, cicit ulama legendaris Syekh Nawawi Al Bantani, dan pengasuh Pondok Pesantren Tanara di Serang, Banten.

Sementara Prabowo memilih Manado karena alasan kedekatan secara emosional. Manado adalah kota kelahiran Dora Marie Sigar, ibu Prabowo. Bisa dikatakan Prabowo adalah putra Minahasa sehingga ia berharap mendapat simpati warga Manado dan Sulawesi Utara.

Dora Marie Sigar, lahir di Manado pada 1921. Dora meniah dengan Soemitro Djojohadikusumo dan melahirka empat orang anak masing-masing Biantiningsih Miderawati Djiwandono, Marjani Ekowati Le Maistre, Prabowo Djojohadikusumo, dan Hashim Sujono Djojohadikusumo.

Tapi, buat Prabowo, Manado juga termasuk daerah yang menantang buat dimenangkan seperti halnya Jokowi. Pada 2014, pasangan Prabowo-Hatta kalah ketimbang Jokowi-JK di Manado maupun Sulawesi Utara.

Pada Pemilu 2014, Prabowo hanya raih 41,23% suara ketimbang Jokowi 58,77% suara di Manado. Begitu juga untuk seluruh Sulawesi Utara, Prabowo hanya meraih 45,13% dibanding suara Jokowi 54,87% suara.

Melihat pemilihan daerah yang sebenarnya bukan basis suara masing-masing, Jokowi maupun Prabowo sepertinya ingin menunjukkan bahwa mereka bukan jago kandang.

Ada suasana petarung yang muncul dari gestur keduanya saat berapi-api di depan massa kampanye, Minggu (24/3/2019). Prabowo menyebut masih adanya kebocoran anggaran sampai Rp 1.000 triliun dan berbagai janji manis jika terpilih. Sementara Jokowi mengunggulkan 3 kartu sakti baru yakni Kartu Sembako, Kartu Indonesia Pintar Kuliah, dan Kartu Pra Kerja untuk mendapat simpati pemilih.

Kita lihat saja strategi siapa yang bisa membalik keadaan dan siapa yang jago kandang? Prabowo atau Jokowi?

Pilih yang menurut kamu bakal jadi kenyataan:
Jokowi menang di Banten
Prabowo menang di Banten
Jokowi menang di Sulawesi Utara
Prabowo menang di Sulawesi Utara
21 votes

Komentar

Fresh