Prabowo Melesat di Survei Litbang Kompas, Kok Bisa? | OPINI.id
Prabowo Melesat di Survei Litbang Kompas, Kok Bisa?

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno langsung mengansumsikan jika petahana alias Jokowi bisa kalah di Pilpres 2019. Semua itu karena hasil survei Litbang Kompas.

Di Survei Litbang Kompas, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mengungguli Prabowo-Sandiaga. Menurut hasil survei litbang, elektabilitas pasangan capres dan cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2019 nanti yaitu Jokowi-Ma'ruf Amin meraih 49,2 persen dan Prabowo-Sandiaga 37,4 persen.

Namun, meski pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin masih lebih unggul ketimbang Prabowo-Sandiaga Uno, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin turun ketimbang survei sebelumnya. Sementara elektabilitas Prabowo naik ketimbang survei sebelumnya. Jokowi-Ma'ruf Amin turun 3,4 persen sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno naik 4,7 persen.

Survei digelar pada 22 Februari-5 Maret 2019 dengan melibatkan 2.000 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi di Indonesia. Margin of error survei ini plus-minus 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

"Dengan berbagai catatan yang mengiringi, survei Kompas menjadi bukti bahwa Jokowi-Ma'ruf masih belum aman dan potensial untuk dikalahkan. Hal ini juga kelihatannya dirasakan dan diketahui oleh Jokowi," kata juru debat BPN Saleh Daulay kepada wartawan.

Naik turunnya elektabilitas pasangan capres dan cawapres sebenarnya menurut Cyrus Network hanyalah sebuah fenomena besarnya angka unidentified voters, bukan karena naik turunnya angka lawan.

"Hasil kesimpulan saya bahwa data-data pollster ini semakin besar angka unidentified voters, maka yang paling tergerus adalah angka elektabilitas Jokowi," kata Hasan Nasbi.

Hasil survei ini bahkan jadi kuncian BPN lewat jubirnya yaitu Dahnil Anzar Simanjuntak untuk menyatakan jika posisi petahana alias Jokowi tidak aman. Dan bahkan dirinya membandingkannya dengan keadaan di Pilpres 2014 lalu.

Kamu lebih percaya survei apa nanti hasil akhir?
Survei
Hasil akhir
Dua-duanya
1669 votes

Komentar (10)

Fresh