Egg Boy, Aksi Kepruk Telur dan Frase Anning | OPINI.id
Egg Boy, Aksi Kepruk Telur dan Frase Anning

Sudah banyak anak muda yang memprotes dan mengkritisi kebijakan pemerintah di media sosial. Namun tak banyak yang mau mengkritisi dan memprotes kebijakan politisi dengan cara nyeleneh, bahkan melanggar norma dan etika.

Will Connolly, seorang pemuda asal Australia yang melakukan aksi kepruk telur ke kepala senator Frase Anning menuai banyak pujian dunia. Ia yang kemudian dijuluki "egg boy" dan mendadak jadi ikon keberanian di tengah masyarakat yang cemas akan kekuasaan para penguasa. Egg Boy bahkan tak takut tindakan nyeleneh, kepruk telur di kepala senator sayap kanan Australia tersebut akan menuai hasil buruk bagi dirinya sendiri. Kejadian pemecahan telur terjadi pada saat Senator Anning berbicara kepada wartawan di Melbourne pada Sabtu (16/3/2019).

Tindakan pemuda berusia 17 tahun yang aksinya menjadi viral ini memang patut diacungkan jempol. Tak main-main, setelah aksi kepruk telur, Frase Anning memukul dua kali wajah Egg Boy, ia bahkan tak ragu membalas pukulannya ke Anning. Remaja itu kemudian diamankan oleh beberapa pendukung Anning hingga polisi datang.

Kiprah Frase Anning

Fraser Anning masuk ke Senat dari Partai One Nation menggantikan Roberts yang didiskualifikasi karena terbukti memiliki kewarganegaraan ganda.

Frase Anning adalah senator sayap kanan Australia yang selama ini memiliki sikap anti-imigran dan cenderung menyuburkan Islamophobia. Pernyataan yang ia keluarkan sesaat setelah tragedi penembakan di dua masjid di Selandia Baru jelas memicu kemarahan dunia.

Ia merilis pernyataan yang kontroversial dengan kop surat resmi parlemen. Anning menghubungkan pendatang Muslim dengan terorisme. Publik Australia sendiri diketahui sudah lama mengecam Frase Anning, tak heran tindakan si egg boy tuai banyak pujian dan mendadak menjadi pahlawan baru.

Para politisi dari pemerintah maupun oposisi juga mengecam keras sikap Anning yang menyebut sama sekali tidak mewakili sikap resmi pemerintah Australia.

Frase Anning memang terkenal dengan pernyataan kontroversialnya. Dalam pidato pelantikannya, ia mengeluarkan pernyataan provokatif. Dia mendesak dipulihkannnya sistem imigrasi "Kristiani Eropa" dan melarang Muslim ke Australia. Dia juga memuji kebijakan "White Australia" yang pernah berlaku di negara itu, yang mengkhususkan Australia bagi pendatang kulit putih saja. Anning bahkan mengecam keberagaman budaya sebagai ancaman terhadap harmoni sosial di negara itu.

Dapat banyak dukungan dan apresiasi

Setelah aksinya viral di dunia maya, sebuah laman GoFundMe didirikan untuk mengumpulkan dana demi mengabadikan aksi kepruk telur di kepala Fraser Anning dalam sebuah mural. Mural tersebut digambar pada salah satu lorong paling ikonik, Hosier Lane di Melbourne oleh seniman jalanan Van T Rudd.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

If you're on your way to work in Melbourne CBD this morning, here's a gift for you in Hosier Lane. This mural just HAD to be done! A tribute to #eggboy and his glorious response to Australian politician #fraseranning 's support of extreme right wing terror. Don't forget the protest against right wing extremism in Melbourne this Tuesday, 5.30pm too!! Solidarity with Muslims, refugees, migrants! * * * #christchurchshooting #newzealandshooting #fightracism #freetherefugees #fuckfascism #fuckdonaldtrump #standwithmuslims #socialmediaheroes #politicalartist #vantrudd #politicalmural #eggsforbreakfast

A post shared by Van T Rudd (@van_and_paint) on

Hanya sepuluh jam setelah dibuat, dana USD5.000 terkumpul, lebih dari dua kali lipat dari tujuannya yakni USD2.000. Awalnya, uang yang terkumpul untuk membiayai proses hukum yang dihadapi Connolly dan membeli banyak telur sebagai simbol perlawanan terhadap senator. Namun Egg Boy telah dibebaskan tanpa tuduhan apa pun.

Egg Boy pun telah mengungkapkan komitmennya, untuk menyerahkan sebagian besar uang sumbangan yang diterimanya kepada korban penembakan di Christchurch.

Tak hanya mural dan penggalangan dana, sejumlah musisi menawarkan tiket gratis seumur hidup untuk Egg Boy menghadiri konser mereka.

Jika ia mau, ia bahkan mendapat tawaran tiket perjalanan, hotel bintang lima di Turki selama 10 hari, gratis.

Begitu sedikit kisah Egg Boy, aksi kepruk telur dan Frase Anning. Kalau di Indonesia, ada gak ya remaja yang berani melakukan aksi nyeleneh seperti yang dilakukan Egg Boy? Kan lumayan untuk konten YouTube. 

Ada politisi yang sangat ingin kamu kepruk kepalanya gak?
Ada
Gak
Takut ah
23 votes

Komentar

Fresh