3 Kartu Sakti Jokowi vs e-KTP, Pilih Mana Nih? | OPINI.id
3 Kartu Sakti Jokowi vs e-KTP, Pilih Mana Nih?

Debat pilpres ketiga bisa dibilang lumayan serulah, mungkin tidak semantap debat capres. Maklum saja, cawapres 01 senior dan cawapres 02 junior, jadi masing-masing menjaga tensi satu sama lain. Apalagi Sandiaga Uno yang bisa dibilang sangat sopan tata kramanya sama Kiai Ma'ruf Amin sepanjang debat.

Bicara soal sopan santun, mari kita berikan tepuk tangan buat Sandiaga Uno. Gak tahu deh kalau lawan Ma'ruf Amin adalah Ahok, bisa-bisa kena serangan jantung. Maklum, Ahok kan sosok yang frontal dan strike to the point.

Saat debat pilpres ketiga kemarin, Sandi sedikit mengkritisi bahkan menyentil janji Jokowi-Ma'ruf Amin nih soal tiga kartu sakti. Sampai-sampai,Sandi mengeluarkan kartu sakti, tapi kok cuma e-KTP sih!. Ternyata, maksud Sandiaga Uno, e-KTP sebenarnya sudah canggih. Soalnya sudah ada chip di dalamnya yang bisa merekam data warga negara.

Gak heran kalau ini jadi identitas tunggal atau single identification number untuk semua keperluan layanan. Dengan e-KTP maka semua program untuk masyarakat akan tergabung dalam satu kartu. Oke mari sama-sama kita balik kritisi, pertanyaannya mau gak Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempersiapkan identitas tunggal ini. Dan seandainya gak mau, sebenarnya ribet juga sih kebanyakan kartu di dompet, bagus kalau kita punya dompet kalau nggak gimana coba?

Ternyata nih menurut Sekjen Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo, pihaknya melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil lagi buat mempersiapkan identitas tunggal ini. Dan saat ini beberapa kementerian dan lembaga telah melakukan kolaborasi data. Dia juga menambahkan, kalau pemberlakuan identitas tunggal masih menunggu kesiapan dari kementrian dan lembaga lain. Terus kalau sudah ada, kenapa harus ada kartu lain ya?

Kamu lebih pilih mana nih?
Maksimalkan e-ktp
3 kartu sakti aja
Semuanya boleh
46 votes

Komentar

Fresh