Politik Nasi Goreng Prabowo Megawati | OPINI.id
(Audio On)
Next Podcast

Politik Nasi Goreng Prabowo Megawati

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah melakukan pertemuan secara langsung di kediaman orang nomor satu PDIP kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Megawati mengatakan pertemuan ini adalah politik nasi goreng karena berlangsung santai sambil makan bersama menu nasi goreng hidangan Bu Mega. Saking enaknya nasi goreng Prabowo sampai nambah piring kedua. Megawati pun berseloroh bisa menaklukan laki-laki dengan nasi goreng.

Uniknya pertemuan ini gak ada rivalnya Prabowo, Joko Widodo. Megawati ditemani oleh pengurus partai seperti Hasto Kristianto (Sekjen PDIP), Puan Maharani, Muhammad Prananda Prabowo (Kader PDIP) dan Pramono Anung (Sekab Istana). Terlihat juga ikut menemani Mega Kepala Badan Intelejen Negara Budi Gunawan. Prabowo juga gak sendiri, ia ditemani oleh Ahmad Muzani (Sekjen Gerindra) dan Edhy Prabowo (Ketua DPP Gerindra).

Pengamat politik berusaha membaca agenda pertemuan dua kubu yang yadinya berlawanan ini. Pengamat politik Universitas Indonesia Aditya Perdana mengatakan pertemuan ini adalah lanjutan dari rekonsiliasi Jokowi-Prabowo di MRT tempo lalu. Agenda rekonsiliasi kali ini lebih ke arah teknis politik soal bagi-bagi kekuasaan di periode pimpinan Jokowi selanjutnya.

Bahkan pengamat politik lainnya Ujang Komaruddin membaca pertemuan ini bisa jadi keretakan koalisi Jokowi yang telah mendukung selama Pilpres 2019. Koalisi Jokowi seperti PPP, PKB, Nasdem dan Golkar tidak suka dengan manuver politik Gerindra yang tiba-tiba masuk ke koalisi. Bisa mengurangi jatah menteri partai koalisi yang sudah ditawarkan ke presiden terpilih.

Komentar