Jangan Semua Merapat Ke Jokowi, Dong! | OPINI.id
(Audio On)
Next Podcast

Jangan Semua Merapat Ke Jokowi, Dong!

KPU sudah menetapkan Jokowi-Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih di Pilpres 2019 dengan perolehan suara sah 85.607.362. Dalam pidato di acara penetapan pemenang pilpres di kantor KPU, Jokowi sempat berpidato mengajak semua masyarakat bersatu kembali, terutama mengajak Prabowo-Sandi membangun bangsa bersama-sama.

Namun, Prabowo-Sandi tidak hadir dalam acara tersebut dan belum mengucapkan selamat secara terbuka kepada Jokowi-Amin.

Menurut pengamat politik Adi Priyatno rekonsiliasi perlu dilakukan untuk mencairkan suasana politik yang sempat panas di masyarakat. Semkain lama kedua kubu bertemu, maka semakin lama juga masyarakat kembali rukun.

Berbeda dengan Adi, Hendri Satrio bilang jika rekonsiliasi jangan cuma sekedar bagi-bagi kuris. Karena yang biasa dilakukan seperti itu merupakan tradisi kuno yang akhirnya semua merapat ke kubu petahana.

Pengamat komunikasi politik ini bilang oposisi tetap perlu ada untuk menjaga kestabilan demokrasi atau ada check and balance.

Sejak dibubarkannya Koaliasi Indonesia Adil dan Makmur atau koalisi Prabowo-Sandi partai sudah mengambil manuver. Seperti PAN dan Demokrat yang hampir 100% merapat ke Jokowi.