Oshiya Si Tukang Dorong Penumpang | OPINI.id

Oshiya Si Tukang Dorong Penumpang

Mungkin kamu pernah lihat video petugas stasiun di Jepang dorong-dorongin penumpang biar muat masuk ke kereta. Petugas ini namanya Oshiya, berasal dari bahasa Jepang 'osu' yang berarti mendorong dan 'ya' yang merupakan suffik untuk menunjukkan pekerjaan seseorang. Walau terkesan sadis, tapi profesi ini penting banget apalagi kalau pas jam sibuk di Jepang. Pasalnya, lebih dari separuh warga Jepang bepergian dengan menggunakan kereta. Bisa dibayangin dong, betapa ramainya stasiun kalau jam berangkat atau pulang kerja. Kondisi ini gak cuma terjadi di Jepang namun juga di berbagai belahan dunia lainnya. Meski begitu, gak semua negara bisa pakai metode kayak gini. Sebut aja Amerika Serikat. Mereka sebenarnya udah lebih dulu pakai tukang dorong penumpang macam Oshiya gini. Tapi keberadaannya gak bertahan lama. Pasalnya, keberadaan Oshiya ala Amrik ini malah memicu perkelahian fisik bahkan pelecehan seksual. Jepang sukses pekerjakan Oshiya karena karena selain karena Jepang sangat menghargai waktu, juga karena kelakuan warganya yang disiplin. Nah, kalau di Indonesia gimana ya?
Komentar (1)
Fresh