Pakai Kresek Bakal Didenda | Opini.id
Next Video

Pakai Kresek Bakal Didenda

Warga DKI Jakarta musti siap-siap beli kantong belanja sendiri, nih. Soalnya akhir tahun ini, gubernur Anies Baswedan rencananya bakal tanda tangan pergub larangan penggunaan kantong plastik. Setelah ditandatangani, pergub ini bakal langsung jalan sambil pelan-pelan transisi selama 6 bulan pertama. Transisi ini bakal banyak berisi sosialisasi dan ajakan buat warga agar berhenti pakai kantong plastik. Sementara itu, PD (Perusahaan Daerah) Pasar Jaya yang biasa ngurusin pasar tradisional Jakarta juga udah gencar lakukan sosialisasi ke pasar-pasar tradisional. Nantinya, pengusaha yang masih ngeyel nyediain kantong plastik buat pembeli bakal kena denda sebesar 5-25 juta rupiah. Sampah plastik emang jadi masalah serius di ibukota. Dinas LH (Lingkungan Hidup) Jakarta aja catat kalau dari 7.000 ton sampah yang diproduksi warga Jakarta per hari, 1.900-2.000 ton di antaranya merupakan sampah plastik. Padahal sampah plastik itu bahaya banget buat lingkungan. Selain butuh waktu ratusan tahun untuk diurai, sampah ini juga berpotensi cemari lautan. Bisa-bisa kehidupan biota laut pada terancam. Ayo dong warga Jakarta biasakan hidup tanpa kantong plastik! Gak usah nunggu pergub jalan.
Fresh