Curhat di Media Sosial, Yay or Nay? | OPINI.id

Media sosial semakin berkembang, warganet bisa menggunakannya untuk apa saja; mulai dari mempromosikan karya, mencari teman, hingga curhat masalah pribadi. Posting sesuatu di media sosial memang hak semua orang, tapi apakah curhat di media sosial itu sesuatu yang sehat?

Bukannya nggak boleh, tetapi segala hal memang ada plus dan minusnya –termasuk menceritakan masalah pribadimu di media sosial yang mungkin bisa dilihat oleh seluruh dunia. Terus, kira-kira apa aja dampaknya? Misalnya gini...

1.Isi postingan media sosial berpengaruh ketika kamu melamar pekerjaan

Di era digital kayak sekarang, jangan pikir media sosial sama sekali tidak bisa berpengaruh terhadap pekerjaanmu di kantor, ya! Ketika kamu melamar pekerjaan, HRD atau recruiter sebuah perusahaan bisa saja mengintip media sosial pribadimu untuk mengetahui kehidupanmu lebih jauh dan bagaimana kepribadian atau cara interaksimu di media sosial.

2.Foto dan cerita pribadimu bisa disalahgunakan orang

Ini yang berbahaya. Kamu memang bebas mengunggah foto dan cerita apa saja. Postingan media sosial adalah hak masing-masing orang. Tetapi pertimbangkan dampak negatifnya juga, lo! Karena hal-hal pribadi kamu malah bisa jadi senjata di kemudian hari, jika dibaca oleh orang yang salah.

3.Dihapus? Bisa, tapi record postingan media sosial kemungkinan tetap ada

Wah, kalau gitu curhatannya ditahan sehari dua hari aja, terus dihapus! Ya, ya, boleh juga, kok. Nggak ada salahnya. Tetapi pada sebagian kasus, postingan yang dihapus masih bisa terlacak di mesin pencari Google karena beberapa alasan. Jadi, jangan pikir postingan yang sudah kamu hapus benar-benar hilang selamanya dari ranah maya. Terus, masih ada teknologi yang namanya screencapture. Hehe.

4.Kadang bikin salah paham

Kadang terlalu banyak bercerita di media sosial juga bisa membuat orang salah paham padamu. Tidak semua teman media sosial mengenalmu secara dekat di dunia nyata. Cerita pribadi bisa membawa berbagai macam dampak, baik positif maupun negatif; dari simpati, hingga dianggap manja atau menyebalkan. Tergantung sudut pandang pembaca.

5.Too much information will kill you

Kamu nyadar nggak, kalau beberapa orang curhat di media sosial dan menceritakan kisah pribadinya terlalu jauh? Nah, hal ini bisa berhubungan juga dengan poin 2 tadi. Informasi yang terlalu jauh bisa rentan disalahgunakan! Jadi, hati-hatilah dalam membagikan sesuatu di media sosial.

Komentar

Fresh