Pulau Moyo, Bulan Madunya Seleb Dunia | OPINI.id

Pulau Moyo adalah destinasi favorit para selebritis dunia. Mulai dari Lady Diana, Maria Sharapova, sampai yang terbaru, Rain dan Kim Tae Hee pun berbulan madu di sini.

1. Jarak Tempuh ke Pulau Moyo

Pulau Moyo berada di Kabupaten Sumbawa. Untuk menuju Pulau Moyo, kita perlu menempuh jalur laut kurang lebih 2 jam jika memakai kapal nelayan. Jika kita menggunakan public boat yang disediakan, kita bisa menempuhnya dengan waktu 1 jam, karena public boat ini menggunakan kapal cepat. Paling enak pergi pada pagi hari karena ombak begitu tenang dan kita bisa menyaksikan pemandangan tebing-tebing di sepanjang Tanjung Menangis yang indah.

2. Pulau Moyo Setengahnya Jakarta

Pulau dengan luas 32.044,86 ha ini berpenduduk 1.944 jiwa (sensus 2010). Pulau ini dijadikan Taman Wisata Alam Laut dengan luas 6.000 hektar sejak dikeluarkan surat keputusan menteri Kehutanan dan Perkebunan no. 308/KPTs-11/1986 pada tanggal 29 September 1986 dan di bawah pengendalian Badan Konservasi sumber daya alam Nusa Tenggara Barat. Bandingkan dengan luas Jakarta dengan 66.152 ha, tetapi memiliki penduduk 10.187.595 jiwa (2011).

3. Air Terjun Mata Jitu, Air Terjun Terindah di Dunia

Niagara mungkin air terjun termegah di dunia. Namun, jika ditanya tentang air terjun terindah, Air Terjun di Mata Jitu juga dianggap yang terindah di dunia oleh sebagian orang. Air terjun ini indah karena kolam-kolamnya yang serapa zamrud kehijauan. Ada beberapa kolam dengan bebatuan kapur yang segar, bertingkat-tingkat. Untuk menuju air terjun ini pun, kita harus menempuh treking kurang lebih 30-60 menit. Namun, perjalanan itu akan sangat bermakna begitu kita melihat keindahan tak terperanai di depan mata.

4. Bukan Cuma Mata Jitu

Selain Mata Jitu, ada juga air terjun Diwu Mbai. Kolamnya sama hijau. Namun, di sini kamu bisa bergelantungan seperti Tarzan. Ada akar pohon yang bisa digelayuti, lalu kamu meluncur dan terjun ke dalam air. Jarak air terjun ini dari desa Labuhan Aji sejauh 2 km.

5. Pantai-pantai yang Indah

Pulau Moyo memiliki beberapa pantai yang indah di tiap sisinya. Ada Pantai Ai Manis, ada pantai Tanjung Pasir. Ada juga Brang Sedo dan Poto Jarum. Semuanya menyajikan panorama yang memanjakan mata dengan pasir putih dan kejernihan air yang luar biasa.

6. Keindahan Bawah Laut

Baru-baru ini area Tanjung Pasir menjadi nominee tempat menyelam terbaik di Indonesia. Bagi kamu yang tidak bisa diving, bahkan kamu bisa snorkling dalam radius yang tak jauh dari bibir pantai. Terumbu-terumbu karang yang indah dan ikan-ikan hias khas laut yang indah sudah tersaji ketika kedalaman air belum mencapai pinggangmu!

7. Jika Beruntung, Kamu Akan Diiringi Lumba-lumba

Lumba-lumba adalah sahabat manusia. Mungkin itu memang betul. Kalau kamu beruntung, dalam perjalanan dari atau ke pulau Moyo, kamu akan dapat menyaksikan rombongan lumba-lumba mengiringi kapal yang kau naiki. Lumba-lumba itu bahkan sangat ramah dan akan berada sangat dekat dengan kapalmu. Saat saya pulang dari pulau Moyo, sekawanan lumba-lumba berlompatan riang di tengah-tengah dua kapal kami.

Komentar

Fresh