Fakta Belalang Sembah | OPINI.id


Gak heran kalau praying mantis atau belalang sembah dijadikan salah satu karakter dalam film kartun Kungfu Panda. Soalnya, dibalik gayanya yang mirip orang berdoa, belalang ini memang punya nyali dan hal-hal yang diluar dugaan dari ukurannya.

Belalang Sembah Serangga Romantis

Jangan terlalu berat membahas tentang serangga, karena itu sudah masuk bagiannya para peneliti. Di sini hanya akan menjelaskan praying mantis lewat cara yang lebih sederhana. Belalang sembah ada 2000-an spesies yang dikelompokan dalam 9 family yang tersebar di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, ada 200 spesies. Nah, belalang ini juga dikenal dengan nama congcorang (Sunda dan Betawi). Bicara belalang sembah, ternyata serangga ini punya kebiasaan unik sekaligus menyeramkan dalam hal bercinta. Sang belalang sembah betina akan segera memakan kepala sang belalang jantan begitu perkawinan usai.

Jadi seekor belalang sembah jantan selama hidupnya hanya akan mengalami satu kali perkawinan dan satu kali seks untuk kemudian mati menjadi mangsa sang belalang betina. Demi cinta, walang kekek (belalang sembah) ini rela mati di tangan pasangannya.

Serangga Karnivora

Belalang sembah adalah serangka pemangsa tingkat tinggi dan merupakan serangga karnivora yang makan segala macam serangga dan terkadang bersifat kanibal.

Mereka biasanya diam dan menunggu korban mereka dengan tungkai-tungkai depan dengan posisi yang diangkat ke atas.

Pemangsa Selektif

Belalang sembah atau belalang sentadu sangat selektif dalam memakan mangsanya. Serangka ini tidak memakan semua bagian tubuh mangsanya dan seringkali menyisakan kaki, sayap dan beberapa bagian tubuh lain yang tidak disukai.

Dianggap Serangga 'Zombie'

Baru-baru ini ada julukan bagi serangga yang satu ini. Belalang Sembah atau Praying Mantis dijuluki sebagai zombie. Hal itu dikarenakan kebiasaannya menyergap burung kolibri dan memakan otaknya secara hidup-hidup. Menakutkan bukan?

Jadi Master Kungfu di Film Kungfu Panda

Sosok belalang sembah dijadikan salah satu master kungfu dalam film kartun Kungfu Panda. Di sini memperlihatkan jika belalang sembah mampu melawan siapa saja meski ukuran lawannya lebih besar darinya.

Komentar

Fresh