Kenapa Orang-orang Masih Main Twitter? | OPINI.id

Dari semua jenis media sosial yang ada, kali ini kita akan membahas twitter. Yap, salah satu media sosial yang usianya kurang lebih sudah sepuluh tahun. Meski bisa dibilang penggunanya tidak sebanyak dulu, tapi seperti punya magnet khusus, media sosial ini masih tetap dicintai. Kira-kira, apa saja ya yang membuat sebagian orang masih tetap menggunakan media sosial ini?

1. Punya tantangan tersendiri

Menggunakan twitter itu susah-susah gampang karena mempunyai tantangan tersendiri bagi penggunanya. Kenapa? Bagi yang suka menulis panjang dan lebar mungkin akan merasa tersiksa ketika akan meng-update statusnya. Karena dari dahulu sampai sekarang, penggunaan jumlah karakter di twitter masih dibatasi, yaitu hanya 140 karakter. Sehingga perlu pemikiran yang kreatif dan efektif menggunakan batasan tadi. Nah, orang-orang yang ‘tangguh’ ini biasanya tidak menyerah dengan batasan-batasan yang diberikan twitter. Malahan kebanyakan dari penggunanya adalah orang-orang yang kreatif, yang dapat memanfaat kesempitan menjadi sebuah kesempatan. Ada yang membuat twitter menjadi wadah fiksi mini, cerita bersambung, puisi singkat, kritik, dan lain sebagainya.

2. Media interaktif

Media sosial yang satu ini memang cukup simpel, selain itu interaksinya juga sangat mudah. Rangkaian postingan atau percakapan mudah ditelusuri, jika penggunanya menggunakan fitur yang disediakan twitter. Jika kita tertarik dengan sebuah postingan, cukup dengan menekan ikon hati, atau jika kita setuju dan sepakat dengan postingan orang lain, kita cukup menekan ikon retweet. Selain itu, fitur polling untuk kebutuhan survey dari twitter juga menambah keseruan media sosial ini.

3. Wadah untuk komplain

Bagi beberapa orang, twitter adalah media sosial yang cukup efektif untuk menuliskan komplain atau keluhannya kepada instansi-instansi atau perusahaan. Karena biasanya keluhan kita langsung ditanggapi secara personal. Meski tidak semua, tapi ya sedikit banyak masalah keluhan tadi bisa diselesaikan dengan baik.

4. Haus akan informasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa twitter adalah salah satu media sosial yang dapat dengan cepat menyebarkan sebuah informasi. Oleh sebab itu, biasanya orang-orang yang haus akan informasi, pokoknya yang ngga mau dibilang ketinggalan info, biasanya betah mantengin linimasa twitter.

5. Tempat curhat

Stres karena pekerjaan atau sekolah, galau karena percintaan, rentetan pertanyaan ‘kapan menikah’ oleh keluarga’ menjadikan twitter sebuah ‘rumah’ yang nyaman untuk mencurahkan semua perasaan-perasaan tadi. Tidak sedikit penggunanya bermonolog, meluapkan perasaannya, dan setelah itu hatinya menjadi lega. Namun, kebiasaan yang satu ini jangan terlalu sering dilakukan, ya! Karena tidak semua follower kamu nyaman membaca keluhan yang bertubi-tubi. Sebaliknya, kamu bisa mengisi postingan kamu dengan hal-hal yang positif dan menyenangkan.

Apakah kamu masih menggunakan twitter sampai saat ini?
Ya
Tidak
Kadang-kadang
124 votes

Komentar

Fresh