KBFP Angkatan VI | OPINI.id

Program Pelatihan Kepemimpinan, Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP), kembali digulirkan untuk menjaring pemimpin-pemimpin muda potensial dari Aceh sampai Papua. KBFP yang berlangsung pada 30 Juli sampai 6 Agustus 2017 merupakan angkatan keenam sejak pertama kali diawali tahun 2011.

Kolaborasi

Program KBFP merupakan inisiatif kolaborasi aktor masyarakat sipil, swasta dan aktor pemerintah. Tujuannya adalah untuk memastikan proses sosialisasi kebangsaan dan regenerasi kepemimpinan berlangsung secara baik, demokratis dan sesuai dengan semangat kaum muda kekinian.

Spirit Kebangsaan

Program yang akan diikuti lima puluh peserta dari seluruh Indonesia ini menjadi semakin relevan jika mempertimbangkan kesenjangan sosial ekonomi dan juga situasi sosial politik akhir-akhir ini yang rentan konflik dalam sebuah masyarakat majemuk.

Membangun Peradaban

Untuk acara di bulan Juli ini, KBFP Angkatan VI hadir dengan tema "Membangun Peradaban Baru Politik Indonesia". KBFP memadukan pendekatan antara pemberian materi di kelas dan audiensi serta diskusi dengan sejumlah pemimpin lembaga tinggi negara, menteri, pakar, pemimpin bisnis dan tokoh masyarakat. Selama tujuh hari para peserta akan membahas tentang berbagai isu kebangsaan, sosial ekonomi dan sosial budaya.

Memelihara Keragaman

KBFP berada di garda depan mendorong keterlibatan anak muda, menjaga kohesi, membangun kehidupan publik yang bersih dan antikorupsi, menjaga indepedensi, kapasitas integritas, memelihara keberagaman, melawan radikalisme, sekaligus membangun bangsa melalui inisiatif mandiri.

Menjadi Teladan

"KBFP telah menjadi pionir dalam merajut jaringan kebersamaan dan kerja sama di tengah kemajemukan Indonesia," kata Ketua Pelaksana KBFP VI Wildansah. Kini, para alumni KBFP I-V kini telah berkiprah dan memiliki pengaruh serta teladan di lingkungan sosialnya masing-masing.

Mencetak Opinion Leader

Sejak tahun 2011, KBFP telah mencetak lima angkatan kader bangsa yang telah berkiprah menjadi pemimpin komunitas serta pemimpin di sejumlah institusi di daerah sampai tingkat nasional. Mereka telah menjadi opinion leader yang berpengaruh di daerah dan lingkungannya masing-masing.

Simpul Pemimpin Muda

Peserta KBFP berasal dari seluruh Provinsi di Indonesia, terdiri dari pelbagai suku, etnis dan agama, serta latar belakang profesi publik yang beragam: mulai dari akademisi, jurnalis, birokrat, aktivis, peneliti, penggiat komunitas kreatif, budayawan, santri dan pemimpin pesantren, pemimpin organisasi masyarakat, perwira muda di Institusi Polri/TNI dan wirausaha muda/entrepreneur.

Ayo Daftar KBFP VI

Bagi para pemuda dan pemudi, calon peserta yang berkeinginan bergabung dalam kursus singkat kepemimpinan muda ini, wajib mengikuti dua tahap seleksi antara lain mengisi formulir, menyerahkan CV dan sejumlah prasyarat lain. Syarat usia untuk mengikuti KBFP VI adalah 25-35 tahun. Lebih lengkap persyaratan bagi calon peserta dapat dilihat di laman http://www.kader-bangsa.org

Ayo Ikuti KBFP VI

Bagi para pemuda dan pemudi, calon peserta yang berkeinginan bergabung dalam kursus singkat kepemimpinan muda ini, wajib mengikuti dua tahap seleksi antara lain mengisi formulir, menyerahkan CV dan sejumlah prasyarat lain. Syarat usia untuk mengikuti KBFP VI adalah 25-35 tahun. Lebih lengkap persyaratan bagi calon peserta dapat dilihat di laman www.kader-bangsa.org. Kontak email: info@kader-bangsa.org

Komentar

Fresh