Destinasi Terpadat Ketika Musim Liburan | OPINI.id

"Libur telah tiba..hore..hore..hore" Penggalan lirik lagu anak itu masih sering menggema di kala musim liburan datang. Tak terkecuali ketika hari raya, Lebaran misalnya. Euforia mudik kerap kali dijadikan moment tambahan untuk berlibur bersama keluarga. Nah, biasanya libur lebaran dimanfaatkan untuk menciptakan waktu berkualitas karena masa cuti yang cukup panjang.

quote-mark

Hakikat sebuah perjalanan, tidak semata pada tujuan. Tapi pengalaman dari perjalanan itu sendiri

Kamu lebih suka destinasi kemana ?
Perjalanan ke Gunung
Menelusuri Pantai
City Tour
Wisata Sejarah
1 votes

Destinasi Yang Banyak Menjadi Favorite Saat Musim Libur Tiba

Kesibukan dalam menjalani runtinitas sehari-hari menjadikan pikiran serta perasaan penat kerap melanda. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan, dan sebagian besar memanfaatkannya dengan travelling. Terlebih kini semakin berkembangnya media sosial menjadikan sebuah perjalanan menjadi ajang pamer. Padahal jika di renungkan, perjalanan itu bisa menjadi satu cara untuk memaknai kebesaran Tuhan. Untuk bersyukur dan belajar dari banyak hal yang bisa ditemui selama perjalanan. Disamping itu ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan usai melakukan travelling, seperti : 1. Merasakan dan menikmati langsung kebesaran Tuhan, akan menumbuhkan rasa rendah hati sebagai seorang hamba akan segala cipta kuasa dari maha karya Sang Pencipta. 2. Setelah travelling biasanya akan mengembalikan mood menjadi lebih baik usai segala kepenatan yang mendera. Sehingga semangat kembali untuk melakukan aktivitas dalam keseharian sebagaimana biasanya. 3. Bertemu dengan orang baru yang lebih banyak lagi, kian menjalin pertemanan secara luas. Bahkan bisa menjadi waktu yang tepat untuk mempererat pertemanan ketika melakukan perjalanan bersama. Kebutuhan travelling dan minat yang semakin tinggi menjadikan banyak orang atau bahkan pekerja memanfaatkan waktu liburan semaksimal mungkin dan tidak segan untuk mengambil cuti untuk bisa menikmati refreshing dari sebuah perjalanan. Banyak opsi yang bisa ditelusuri, tanpa harus ke negeri sebrang. Nyatanya di Indonesia sendiri banyak sekali tempat-tempat menakjubkan karena potensi wisata, alam dan budayanya menjadi daya tarik tiada banding. Berikut ada beberapa kota yang sangat padat di luar JABODETABEK ketika musim liburan tiba, yang bisa saja menjadi perhatian dan pertimbangan untuk melakukan perjalanan di waktu lainnya.

1. Bandung

Ibu kota Jawa Barat ini memang menjadi primadona di kala musim libur tiba. Hal ini terbukti dari padatnya akses jalan menuju ke kota yang dijuluki Paris Van Java. Kepadatannya sering terlihat ketika weekend, mayoritas pengendara berasal dari Jakarta. Tak hanya diminati oleh wisatawan lokal, para turis asing pun kerap tampak hilir mudik di beberapa jalan Bandung, hal ini tidak mengherankan karena Potensi wisata Bandung memang cukup banyak, terlihat dari banyaknya tempat wisata favorit, mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata budaya, tempat hiburan dan atraksi, museum, hingga wisata sejarah, terutama dengan adanya gedung-gedung yang monumental dengan kisah perjuangan sejarah negeri.

2. Yogyakarta

Pernah ada yang menyebut bahwa Yogyakarta tercipta dari kepingan rindu. Ya..siapapun yang pernah datang ke kota keraton ini, pasti akan ada keinginan untuk kembali berkunjung. Banyak potensi wisata yang ditawarkan mulai dari wisata alam, wisata goa, wisata pantai, wisata gunung, wisata budaya, wisata kuliner dan lainnya sangat lengkap di kota ini. Menjadi salah satu andalan destinasi wisata Indonesia. Sudah rahasia umum, jalan-jalan Yogya yang biasanya renggang dan jarang kemacetan akan berbeda kondisi ketika musim liburan tiba. Daya tariknya tidak hanya dikunjungi wisatawan lokal tapi dari mancanegara pun banyak yang mengagumi dan tertarik pada Yogyakarta.

3. Bali

Pulau Dewata ini memang tidak usah diragukan, menjadi satu destinasi yang diandalkan Indonesia hingga di kalangan international. Menawarkan pesona alam yang indah nan eksotis. Yang dapat membuat decak kagum melihat kecantikan panorama keindahan yang mayoritasnya adalah pantai-pantai dengan keunikan tersendiri. Potensi wisata di Bali tak sekedar menawarkan keindahan alam saja, pemerintah setempat juga mengembangkan di sektor lain seperti budaya, seni serta adat istiadatnya yang khas. Hal ini menjadi daya tarik wisatawan lokal dan international Ketika musim liburan, biasanya jumlah kendaraan kian bertambah dan memadati arus jalan terutama di kawasan terpadat destinasi unggulannya.

4. Malang

Salah satu kota di Jawa Timur ini, menjadi daya tarik para wisatawan untuk menelusuri segala potensi wisata keindahannya. Seperti alamnya yang beragam, stasiun Malang kerap menjadi titik poin para pecinta alam. Seperti Bromo, gunung semeru, gunung arjuna dan beberapa keindahan lainnya di Kota Malang. Puluhan pantai dan gunung adalah aset alam yang tersimpan tanpa meninggalkan nilai-nilai kearifan lokal serta kelestarian lingkungan. Disamping wisata buatan yang tak kalah menarik. Pernah disuatu waktu masa libur adalah kepadatan dan panjangnya kemacetan puluhan kilometer di jalur akses wisata unggulan Malang.

5. Lampung

Wilayah paling selatan pulau Sumatera ini yang paling terdekat dari Pulau Jawa dan bukan hal yang terlalu sulit untuk digapai. Adapun kepadatan dan minat wisatanya terlihat dari padat dan ramainya pelabuhan Bakehuni ketika musim libur tiba. Semakin maraknya pengunjung yang terpsona akan keindahan panorama Pahawang, Kiluan, Krakatau menjadi daya tarik utama. Tetapi disamping semua itu, Lampung juga memiliki potensi wisata lain yang tak kalah unggul baik dari sektor budaya, kuliner hingga sejarahnya.

Kamu Lebih Favorite Destinasi kemana ?
Perjalanan Gunung
Menelusuri Pantai
City Tour
Wisata Sejarah
1 votes

Komentar

Fresh