5 Hal yang Sebaiknya Tidak Anda Lakukan | OPINI.id

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Anda Lakukan Saat Berjerawat zeropromosi.com - Masalah jerawat yang tak kunjung reda memang kerap membuat kesal. Penyakit kulit ini bahkan membuat sebagian orang malas untuk bersosialisasi karena kurangnya percaya diri. Demi cepat menyembuhkannya, menggunakan krim atau melakukan treatment saja ternyata belum cukup. Ada beberapa pantangan yang sebaiknya tidak dilakukan agar masalah kulit tersebut tak semakin banyak tumbuh.

1. Makanan antara lain coklat, kacang, kuning telur, dan susu sapi.

Beberapa makanan yang patut diwaspadai ketika sedang berjerawat antara lain coklat, kacang, kuning telur, dan susu sapi. Kandungan lemak dalam bahan makanan tersebut bisa menjadi pemicu yang dapat membuat jerawat menjadi meradang. Sebisa mungkin hindari jenis makanan tersebut dan perbanyak makanan sayur dan buah.

2. Buah-buahan Kelengkeng, alpukat, mangga, durian

Terkenal menyehatkan karena kaya vitamin, ternyata ada juga buah-buahan yang bisa memicu jerawat. Kelengkeng, alpukat, mangga, durian adalah beberapa buah musiman yang sebaiknya dihindari. Hal tersebut diakibatkan oleh kandungan lemak nabati yang terkandung di dalamnya. "Bisa juga karena buah-buahan itu mengandung banyak vitamin E. Kalau mangga muda tidak apa. Karena kandungan lemaknya masih sedikit. Yang perlu diwaspadai itu mangga manis seperti arumanis," jelas dr. Lewie saat ditemui Wolipop di kliniknya, Lexa Clinic, Jl. Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. Pola Hidup tidur terlalu malam

Selain menjaga makanan, gaya hidup juga perlu diperhatikan. Usahakan untuk tidak tidur terlalu malam yakni melebihi jam 12. Kemudian, hindari pula paparan sinar matahari langsung pada pukul 08:00 - 15:00. Hal itu karena selain dapat memicu jerawat, sinar UV bisa mempercepat timbulnya flek hitam, kerutan, serta kutil wajah. Sementara, kebiasaan merokok juga merupakan salah satu faktor yang bisa memperparah pertumbuhan jerawat.

4. Suplemen Vitamin E

Suplemen vitamin E banyak dikonsumsi dengan harapan wajah akan terhindari masalah kulit. Namun tak sedikit orang yang menjadi berjerawat setelah rajin meminumnya. Dokter Lewie pun banyak menjumpai pasien dengan kasus serupa. Maka dari itu, dia menambahkannya sebagai salah satu pantangan.

5. Pelembab

Pelembab atau moisturizer yang beredar di pasaran juga meski diwaspadai. Jika tak cocok produk-produk tersebut sering kali picu jerawat dan minyak berlebih. Sebaiknya hentikan dulu penggunaan krim sampai jerawat mereda. Setelahnya, usahakan untuk mencari pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit dan cuaca di Indonesia.

Komentar

Fresh