Kata Siapa Ketupat Hanya Satu Jenis? | OPINI.id

Menjelang lebaran, kita pasti akan tak asing lagi sama yang namanya ketupat. Biasanya sih ketupat berbentuk persegi empat. Namun tahukah kamu bahwa ketupat ternyata memiliki berbagai bentuk yang tak hanya persegi empat?

12 Bentuk Ketupat

Dikutip dari sajiansedap.com, seorang pakar ilmu teknologi pangan, Prof. Dr. Florentinus Gregorius Winarno atau F.G. Winarno ini menjelaskan bahwa bentuk ketupat ternyata beragam. Penjelasan itu termuat dalam handout sederhana berjudul "Tumpeng Offering". Apa saja bentuk ketupat yang dimaksud?

1. Ketupat Bagea

Pernah makan ketupat dengan bentuk seperti ini? Saya sih belum pernah, namun yang jelas bentuknya unik banget. Bentuknya hampir bundar dengan helaian janur menjuntai di bagian atas. Anyaman janur yang mirip membuat ketupat jenis ini mirip dengan kue bagea, kue khas dari Sulawesi Selatan. Makanya ketupat bentuk ini dinamakan ketupat bagea.

2. Ketupat Bata

Namanya saja ketupat bata, maka sudah tahu kan bentuknya seperti apa? Selain ketupat bata, ketupat ini juga dikenal dengan nama ketupat luwar. Bagaimana cara pembuatannya? Ketupat ini dibuat dari dua helai janur dan memiliki bentuk persegi panjang. Terdapat satu helai janur di satu sudut dan satu helai lainnya di sudut lainnya yang bersebrangan. Biasanya ketupat bata digunakan sebagai simbol agar tercapainya keinginan dan sebagai pengharapan agar jabang bayi dapat lahir dengan selamat.

3. Ketupat Debleng

Ketupat ini sekilas mirip dengan bentuk ketupat pada umumnya. Memiliki nama lain ketupat sintok, ketupat bentuk ini suka dijadikan sebagai simbol wanita cantik dan berbudi luhur. FYI, terdapat empat helai janur, yang digunakan dengan helaian janur di dua sudut yang berseberangan.

4. Ketupat Jago

Bentuknya unik banget ya, sekilas seperti corong. Ada yang berbeda dari ketupat ini dibandingkan lainnya. Jika biasanya ketupat dibuat dari dua helai janur, ketupat jago justru dibuat delapan helai janur. Bentuknya ini segitiga sama kaki dengan ujung ketupat menjuntai di bagian kiri. Serta sisa helaian janur diikat di bagian atas ketupat. Secara tradisi, ketupat jago biasa disajikan saat acara empat bulanan, dengan harapan bila bayi yang dikandung laki-laki akan menjadi seorang yang jago, watak kesatria, dan berkedudukan tinggi. Wuiiih keren banget ya?

5. Ketupat Sidalungguh

Sidalungguh ini bentuknya mungil banget. Kapan sih ketupat ini dibikin? Sidalungguh biasanya digunakan saat acara syukuran empat bulan. Ketupat ini bukan sembarang ketupat loh, karena menjadi simbol kandungan yang sudah ditiupkan rohnya, dengan harapan jabang bayi diberi kedudukan atau dalam bahasa setempat berarti sidolungguh. Makanya ketupat ini diberi nama ketupat sidolungguh!

6. Ketupat Sari

Ketupat sari bukan berarti ketupat mbak Sari ya. Hoho. Ketupat sari adalah ketupat yang memiliki bentuk segitiga sama sisi dengan ukuran yang lebih kecil daripada ketupat jago. Helaian janur pada ketupat sari menjuntai di bagian sudut kiri dan kanan ketupat.

7. Ketupat Tumpeng

Namanya saja ketupat tumpeng, maka ketupat ini mirip dengan tumpeng. Dimana miripnya? Kemiripan itu dapat dilihat pada bentuk ketupat yang mengerucut pada bagian atas, dan melebar pada bagian bawah. Adapun helaian janur yang tersisa menjuntai di bagian ketupat yang meruncing.

8. Ketupat Bebek

Namanya lucu, ketupat bebek. Ketupat ini berukuran kecil, dan bagian bawah ketupat sedikit membulat. Kalau kamu lihat bagian ujung ketupat yang dibiarkan agak panjang dan miring ke atas, ketupat ini akan menyerupai mulut bebek.

9. Ketupat Gatep

Bentuk ketupat ini hampir mirip dengan ketupat bebek. Bedanya, lebih kecil saja. Dibandingkan dengan bebek, ketupat gatep lebih mirip dengan huruf D kecil.

10. Ketupat Pendawa

Ketupat pendawa memiliki bentuk segitiga. Helaian janur pada ketupat ini terdapat di bagian ujung dan dikepang layaknya rambut.

11. Ketupat Sidapurna

Ketupat ini memiliki bentuk seperti huruf P terbalik. Sekilas terlihat seperti kipas sate. Oh ya, bagian sudut pada ketupat ini dilipat mirip pita. Tidak ada fungsi tertentu sih, hanya sebagai hiasan saja.

12. Ketupat Geleng

Ternyata enggak hanya kepala saja yang bisa "geleng", ketupat pun juga loh. Bentuknya sih mirip dengan ketupat bata, yakni persegi panjang. Yang membedakan adalah pada ketupat ini tidak ada satupun helaian janur yang menjuntai.

Referensi Tulisan:

www.nationalgeographic.co.id www.sajiansedap.com Sumber gambar: F.G. Winarno Thinkstockphoto

Apakah kamu baru mengenal bentuk-bentuk ketupat tersebut?
Enggak. Udah tahu dari lama :p
Baru tahu sebagian. B-)
Woaaah, baru tahu semuanya.
8 votes

Komentar (2)

Fresh