Puasa Itu Bikin Awet Muda Loh | OPINI.id

Hai-Hai...Tidak terasa ya sudah hampir sebulan seluruh umat Muslim di seluruh dunia menjalan ibadah puasa. Puasa selain untuk tujuan ibadah dan menambah pahala, ternyata memiliki rahasia yang luar biasa loh. Yap..Puasa itu bikin kita awet muda. "Loh kok bisa ya?" Yuk mari kita bedah satu-satu...

1. Dengan berpuasa, gula darah terkontrol dengan baik

Berdasarkan penelitian ilmiah yang telah dilakukan oleh para ahli di seluruh dunia, mengemukakan bahwa puasa secara teratur pada periode tertentu akan dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin inilah yang akan bekerja untuk mengubah glukosa menjadi glukogen untuk di simpan dalam hati. Ini artinya potensi diabetes akan menurun drastis pada orang yang rajin berpuasa, waw...!

2. Puasa itu bikin sistem imun kamu kembali menjadi FRESH!

Saat puasa kita merasa lapar, kemudian berpikir tubuh kita akan mengalami "lemot". ternyata tidak begitu loh kenyataannya. Berdasarkan penelitian Prof. Valter Longo (Profesor bidang Bio-gerontology, University of California) menyatakan bahwa saat berpuasa, tubuh kita akan meregenerasi (memperbaiki) sel-sel imun tubuh yang sudah rusak. Sehingga sel imun yang baru akan terbentuk dan memiliki kinerja yang lebih tinggi dan aktif untuk menghalau kuman atau bakteri asing yang masuk dalam tubuh kita.

3. Harmonisasi pembentukan sel baru dalam tubuh akan memperlambat proses penuaan

Nah, tadi sudah kita bahas nih bagaimana puasa ternyata bisa menurunkan resiko diabetes dan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Jadi saat puasa, tubuh kita mempunyai waktu untuk melakukan perbaikan, peremajaan dan pembentukan sel-sel baru. Harmonisasi dan keseimbangan tersebut akan membuat sel-sel kita menjadi lebih lama dipertahankan dalam kondisi sehat dan bugar. Awet muda bukan berarti menolak menjadi tua. The main goal is for improving quality of life! Jadi seneng deh, Bulan Ramadhan puasanya berkah dan kualitas hidup kamu pun meningkat :)

Komentar

Fresh