7 Buku Asik Buat Mudik & Libur Lebaran | OPINI.id

Sebentar lagi musim mudik akan tiba. Untuk kamu yang mudik, mempersiapkan makanan, obat-obatan atau pakaian untuk perjalanan itu penting. Tapi tak ada salahnya juga untuk mempersiapkan buku sebagai teman perjalanan mudik atau teman saat tiba di kampung halaman. Buat yang hanya libur lebaran, juga tidak ada salahnya loh mengisi libur lebaran dengan membaca buku! Berikut adalah 7 buku yang asik dibaca untuk menemani mudik atau libur lebaran kita!

1. Journey to Andalusia (Marfuah Panji Astuti)

Ingin tahu bagaimana sejarah peradaban Andalusia di masa lampau? Nah, buku keluaran Bhuana Ilmu Populer yang terbit pada awal 2017 ini cocok banget dijadikan sebagai teman mudik atau libur lebaran. Dalam buku ini Marfuah yang merupakan seorang jurnalis menceritakan bagaimana perjalanan spiritualnya menjelajah Andalusia yang sempat jaya selama 800 tahun lamanya. Ada berbagai fakta menarik yang didapatkan dari buku ini, misalnya adalah ada Jalan Soekarno di Maroko dan Mesir serta sejarah jamon alias makanan berupa paha babi asap yang dijual di dekat Mezquita atau dalam Bahasa Spanyol berarti masjid. Dengan gaya bahasa yang renyah dan mengalir, buku ini cocok banget untuk kamu yang pengen tahu sejarah Islam di masa lampau dengan mudah!

2. Notes from Qatar (Muhammad Assad)

Meski bukan keluaran baru, buku terbitan elex media ini juga pas banget buat dijadikan sebagai teman mudik atau libur lebaran. Bercerita tentang pengalaman nyata si penulis saat menjadi mahasiswa di Qatar, buku ini sarat akan wawasan dan pengetahuan. Di sini kita akan melihat Qatar lebih dekat. Tak ketinggalan, wawasan soal keagamaan dan sharing soal bagaimana meraih impian juga dibagikan lho. Dijamin, membaca buku ini akan membuat kita makin pintar dan termotivasi untuk menggapai bintang yang kita inginkan!

3. The Davincka Code (Jihan Davincka)

Bergenre buku perjalanan, The Davincka Code yang diplesetin dari The Da Vinci Code recommended banget untuk dibaca. Petualangannya ke berbagai negara membuat buku ini kaya akan pengetahuan yang jarang ditemui di buku-buku travel pada umumnya. Di sini ia bercerita tentang kota Tehran di Iran yang merupakan kota padang pasir ternyata memiliki taman-taman bunga yang sangat indah nan luas. Ada pula cerita soal Jeddah, Arab Saudi yang memiliki struktur jalan yang lurus dan berbentuk kotak sehingga mudah diingat. Ada pula tentang Athlone di Irlandia dimana para penduduknya begitu ramah. Segera sisihkan uangmu dan jadikan buku ini sebagai pelengkap mudik dan libur lebaran!

4. The Laundry Show (Uki Lukas)

Baca buku saat mudik atau liburan memang lebih enak kalau baca buku yang menghibur dan bikin kita hepi. The Laundry Show terbitan Grasindo adalah salah satunya. Buku keluaran tahun 2012 ini menceritakan tentang pengalaman Uki Lukas sebagai pemilik laundry. Memiliki usaha laundry ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Uki harus menghadapi berbagai kejadian menyebalkan di laundyrnya namun juga lucu, terutama tentang bagaimana meladeni anak buah-anak buahnya yang lugu dan terkadang konyol. Salah satunya ada di bab "Kolor yang Hilang". Di sini ia bercerita tentang bagaimana karyawannya, Joni, yang menghadapi kasus kehilangan kolor salah seorang pelanggannya. Yang lucu, si Joni malah menghadap ke Uki tentang kolor yang hilang, dengan mengajukan pertanyaan, "Kokoh liat kolor Bu Lenny nggak? Yang warna pink." Ya jelas sebagai bos, Uki tak tahu-menahu. Lepaskan hormon endorpinmu saat membaca buku ini ketika mudik atau libur lebaran!

5. Persahabatan Bunga Matahari

Buat kamu yang ingin nostalgia sekaligus tak ingin bacaan yang berat, tak ada salahnya mengoleksi buku ini. Meski bergenre fiksi anak, buku terbitan 2016 ini juga bisa kok dibaca oleh orang dewasa. Dengan 20 kisah manis yang diambil dari majalah bobo, kumpulan cerpen ini sarat makna. Mulai dari kisah persahabatan Ajo dan Hanum yang sedang sakit hingga kisah Mia yang tanpa sengaja membaca buku harian ibunya. Sesuai dengan judulnya, "20 Cerita Manis", buku ini dijamin akan membuat liburan lebaran atau hari-hari mudik dan pulang kampungmu juga terasa manis!

6. Laba-laba dan Jaring Kesayangannya (Elwyn Brooks White)

Kalau 5 buku sebelumnya adalah buku karya penulis lokal, kali ini adalah novel terjemahan. Diterbitkan pada 2012 oleh Penerbit Dolphin, novel ini berkisah antimenstrim, tentang persahabatan seekor babi bernama Wilbur dengan seekor laba-laba betina bernama Charlotte. Nasib Wilbur sebenarnya di ujung tanduk karena ia hendak disembelih oleh keluarga Mr. Zuckerman. Namun dengan kemampuan membuat jaring, Charlotte yang baik hati akhirnya mampu membuat pemilik peternakan berubah pikiran dan justru fokus memelihara Wilbur. Apa yang dilakukan oleh Charlotte? Temukan kisahnya dalam buku yang juga telah diangkat menjadi film ini. Dengan cerita sederhana namun sarat akan makna, buku ini amat bersahabat untuk menjadi teman mudik atau lebaranmu kali ini.

7. Hidup Berawal dari Mimpi (Fahd Djibran)

Buku ini adalah buku favorit saya yang telah saya baca dari perpustakaan di kampus saya. Saya terkesan dengan buku ini karena kualitas yang ditawarkan. Dengan kelebihan berupa menggabungkan unsur visual (gambar), audio (lirik lagu) dan sastra, buku terbitan Kurniaesa Publishing ini sangat kece buat menemani masa-masa mudik dan liburan. Terdiri dari beberapa kumpulan cerpen yang terinspirasi dari 12 lirik lagu Bondan Prakoso ft. Fade 2 Black yang terdapat dalam 3 album: Respect, Unity dan For All, cerita di dalamnya tidak haya seputar tentang cinta melainkan juga tentang persahabatan dan semangat meraih perjuangan. Kepiawaian Fahd Djibran dalam merangkai kata-kata dan memfiksikan lagu-lagu Bondan Prakoso ft. Fade 2 Black tak perlu diragukan lagi. Tanpa unsur menggurui, cerpen-cerpen di dalamnya dijamin akan memberikan kita suatu pencerahan dan pembelajaran yang sangat bermakna. Very worth it to have this book!

Itulah Beberapa Buku Asik untuk Dijadikan sebagai Teman Mudik atau Libur Lebaran.

Sobat opini.id punya rekomendasi buku yang asik buat mudik/libur lebaran? Yuk berbagi! :)

Komentar

Fresh