Awas 'Green Driver' | OPINI.id

Jelang mudik sebaiknya kamu berhati-hati sama green driver. Nah, mau tau gak apa itu green driver?

Fakta Banyaknya Green Driver

Penjualan mobil sekarang ini bisa dibilang meningkat pesat.Baik itu mobil baru ataupun bekas. Darisinilah muncul sebuah fenomena menarik, salah satu diantaranya adalah menjamurnya pengendara Green driver.

Apa Itu Green Driver?

Kemunculan green driver jadi fenomena tersendiri. Menurut Jusri Pulubuhu selaku Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDCC), Green Driver adalah kelompok atau golongan orang yang sudah bisa membawa mobil namun baru punya mobil.

Biasanya, green driver ini adalah pengendara yang ada di kelas entry level, artinya bukan mereka baru bisa bawa mobil hanya saja mereka baru hijrah atau pindah menggunakan mobil dari sebelumnya yang mungkin menggunakan sepeda motor.

Dalam terminologi berkendara, ada tiga kategori pengemudi yang di bedakan dari jam terbang, masa periode 18 bulan itu green driver, 18 bulan sampai tiga tahun intermediate, dan lebih dari tiga tahun masuk dalam kategori expert ini bukan hanya dari data tapi bisa dilihat sendiri realitasnya di jalan.

Waspada Green Driver di Jalanan

Sekilas mungkin kamu biasa membacanya. Tetapi sebenarnya green driver itu wajib diwaspadai di jalan. Meskipun dinilai cukup wajar karena gak punya jam terbang tinggi, tapi perilaku mereka di jalan cukup membahayakan.

Itu dikarenakan mereka masih labil saat membawa mobil. Oleh karena itu, pengguna dan pengendara jalan raya yang ada di sekelilingnya wajib waspada, karena dampak terburuk biasanya justru dialami oleh pengguna jalan lainnya.

Komentar

Fresh