Ini yang Diburu Ketika Menjelang Lebaran | OPINI.id

Lebaran Idul Fitri sebentar lagi nih tinggal menghitung hari saja. Biasanya 2 minggu sebelum lebaran, para pekerja baik swasta maupun pemerintah mendapatkan uang THR. Wah asyik ya.

Menjelang Lebaran dan setelah mendapat THR ada beberapa tradisi di hampir semua kota di Indonesia. Tradisi tersebut diantaranya yaitu:

1.Membeli tiket mudik

Bagi yang merantau, Lebaran adalah waktu yang tepat untuk pulang kampung. Rasa rindu yang amat sangat bisa ditebus dengan pulang kampung. Maka dari itu menjelang lebaran banyak para perantau berbondong-bondong membeli tiket mudik mulai dari tiket kereta api, bus, kapal sampai dengan pesawat. Kalau tiket kereta api untuk lebaran biasanya dibuka 3 bulan sebelum lebaran. Untuk membeli tiket pesawat pun diusahakan jauh-jauh hari supaya mendapat harga murah. Tapi untuk tiket mudik lebaran ini harga pasti naik, sebab permintaan melonjak. Jadi kudu siapkan biaya berbulan-bulan sebelumnya.

2.Membeli baju lebaran

Lebaran berbaju baru? Sebenarnya hal ini tidak wajib lo. Tapi tradisi yang rutin di negeri ini, orang-orang membeli baju baju menjelang lebaran. Sebab lebaran ini cuma setahun sekali dan biasanya membeli baju lebaran pun setahun sekali. Lihat saja pasar, dan mall menjelang lebaran selalu penuh dan pembayarannya selalu antri.

3.Menukar uang baru

Tradisi lebaran di kampung biasanya bagi-bagi duit untuk anak-anak kecil baik itu saudara atau tetangga. Jumlahnya sih sesuai dengan kemampuan masing-masing. Oleh karena itu jika sudah mendapat THR otomatis orang akan berbondong bondong pergi ke bank untuk menukar uang baru mulai dari pecahan kecil sampai besar.

4.Mencari tiket mudik gratis dari perusahaan

Pemberian tiket mudik gratis biasanya diberikan oleh perusahaan swasta ataupun negeri. Mereka menyediakan tiket mudik gratis ini bagi siapa saja yang membutuhkan dan berapapun jumlah anggota yang kita punya diperbolehkan mendapat tiket mudik gratis. Syaratnya cukup menyertakan kartu identitas seperti KTP dan Kartu Keluarga. Tiket mudik gratis ini pada umumnya menggunakan moda transportasi bus dan pemberangkatannya 3-4 hari sebelum lebaran. Asyik kan? Mudik pun gak perlu ngeluarin ongkos banyak. Apalagi buat yang memiliki anak banyak.

5. Bagi-bagi baju bekas

Setelah bulan ramadhan, akan tiba waktunya lebaran. Namun menjelang lebaran, tradisi bagi-bagi baju bekas biasanya dilakukan di beberapa daerah. Sebab dengan bagi-bagi baju bekas, kita bisa memberikan kepada mereka yang kurang mampu. Selain itu juga bisa mendapatkan pahala.

Tradisi menjelang lebaran setiap tahun selalu terjadi dan berulang. Terjadipun di hampir semua kota di Indonesia. Itu tandanya lebaran sudah dekat.

Nah, di tempatmu, tradisi apa saja menjelang lebaran?

Komentar

Fresh