7 Kue Kering Yang Di Gemari Saat Lebaran | OPINI.id

Moment lebaran adalah masa yang dinanti sebagai wujud menyambut kemenangan selama bulan suci Ramadhan, menahan lapar dan dahaga serta hawa nafsu yang membelenggu. Kerap kali menjadi waktu yang tepat untuk saling bermaafan sebagaimana makna idul fitri yakni kembali suci dari segala iri, dengki, prasangka dan hal buruk lainnya.

7 Kue Kering Yang Di Gemari Saat Lebaran

Makna idul fitri yakni kembali suci dari segala iri, dengki, prasangka dan hal buruk lainnya. Sudah barang tentu, silaturahmi menyambangi saudara serta tetangga sekitar untuk saling bermaafan. Nah, biasanya tuan rumah akan mempersiapkan suguhan untuk tamu yang datang. Maka, tidak heran kaum Ibu khususnya sekitar dua minggu sebelum lebaran tiba mulai sibuk mempersiapkan aneka kue kering. Dari yang membuat sendiri sampai tidak ingin repot dengan membelinya, dengan alasan lebih praktis biasanya. Variatif kue kering kini semakin banyak dengan berbagai kreasi bentuk hingga aneka rasa. Dan dari sekian banyak itu, kesimpulannya ada beberapa kue kering yang memang menjadi dominan favorite untuk suguhan lebaran. Apa saja itu, berikut beberapa diantaranya :

1. Kue Nastar

Merupakan jenis kue kering yang sangat digemari. Terbuat dari adonan tepung terigu, telur dan mentega yang diisi dengan selai buah nanas. Umumnya dibuat dengan bentuk bulat berdiameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan cengkeh atau potongan kismis. Biasanya rasa yang ditawarkan kue ini sangat lembut ketika disantap. Semakin bervariasi, sekarang nastar juga dibuat dengan selai buah lainnya seperti stroberi, coklat cair bahkan keju. Bentuknya pun kini tidak monoton hanya bulat saja, tergantung dari kreasi si pembuatnya.

2. Kue Putri Salju

Terbuat dari adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kuning telur yang dipanggang di dalam oven sampai matang. Setelahnya ditaburi gula halus, hal inilah yang mengibaratkannya seperti salju. Isiannya biasanya di isi oleh remahan kacang tanah sangrai yang ditumbuk hakus bersama adonan. Untuk bentuk setelah mayoritas adalah bulan sabit, kini justru semakin variatif. Ada yang berbentuk bintang, hati bahkan tokoh kartun. Rasanya yang enak, gurih dan manis pastinya menjadikannya sebagai kue favorite ketika hari raya.

3. Kastangel

Adalah macam kue kering lainnya, dengan bahan cukup sederhana dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, serta parutan keju sebagai pelengkap. Kue ini bentuknya persegi panjang, dengan ukuran sekitar 3-5 cm dan lebarnya hanya 1 cm. Proses pematangannya cukup dipanggang di dalam oven dengan temperatur tertentu hingga adonan tampak matang dan berwarna kuning keemasan. Agak berbeda dengan kue kering lain yang dominannya manis, kastengel ini justru terasa agak asin karena perpaduan keju dan lebih gurih dari segi adonan.

4. Kue Semprit

Bentuknya seperti bunga mawar yang mekar, merupakan salah satu variasi kue kering lebaran yang biasanya jadi favorite di momen Lebaran. Dengan bahan dasar tak jauh berbeda dari lainnya seperti terigu, mentega, telur, hanya saja biasanya untuk kue ini ada tambahan susu bubuk, tapi tergantung selera juga. Rasanya cukup renyah dan gurih, dengan aneka variasi macamnya seperti semprit keju, semprit coklat dan semprit sagu.

5. Kue Lidah Kucing

Namanya cukup unik untuk sebuah panganan, ternyata alasannya disebut demikian karena kue ini bentuknya panjang dan tipis jadi di asumsikan seperti lidah kucing. Pada dasarnya, kue ini berwarna keemasan dengan rasa gurih dan manis. Namun saat ini, kue kering lidah kucing diberi aneka toping dengan varian warna dan rasa sehingga semakin menarik tampilannya.

6. Kue Bawang

Berbeda dari kue lebaran lainnya, kue bawang proses pematangannya adalah digoreng bukan oven. Resep dan cara membuatnya juga sangat sederhana. Adapun penamaannya itu karena dalam bahan dasar ditambahkan beberapa iris bawang merah serta putih yang dihaluskan. Dan ada bintik-bintik biasanya itu merupakan potongan daun bawang dan seledri. Rasanya sangat gurih dan renyah, sehingga kerap menjadi panganan kue yang sering ada di ruang tamu ketika hari raya.

7. Kue Biji Ketapang

Menggunakan bahan sederhana dalam pembuatannya, seperti tepung terigu, tepung tapioka, telur ayam, dan lainnya. Mengapa dinamakan biji ketapang ? Itu dikarenakan kue ini memang mirip dengan biji pada pohon bunga ketapang yang dahulu banyak ditemukan di pinggir jalan kota Jakarta. Kudapan asli betawi ini memiliki cita rasa yang empuk, gurih dan manis. Dan tidak heran kini semakin banyak di gemari dari daerah manapun ketika lebaran tiba.

Komentar

Fresh